Home  /  Berita  /  Pemerintahan

14 Unit Dukcapil Raih Anugerah Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

14 Unit Dukcapil Raih Anugerah Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah (tengah) saat mendampingi jajaran menerima penghargaan dari Kemenpan RB di Jakarta, Senin (21/12/2020). (foto: Ist.)
Selasa, 22 Desember 2020 19:02 WIB

JAKARTA - Sedikitnya 14 Unit kerja Dukcapil ditetapkan sebagai Zona Integritas oleh KemenPAN-RB dan mendapatkan penghargaan.

Rinciannya, 13 unit di Dukcapil pusat dan daerah menerima penghargaan sebagai unit kerja pelayanan berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan 1 unit kerja menerima penghargaan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Di Dukcapil pusat, peraih WBK adalah Direktorat Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), dan Direktorat Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan (FPD2K).

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, memberikan penghargaan tersebut secara virtual kepada Direktur PIAK Erikson Manihuruk, dan Direktur FPD2K, Ahmad Sudirman Tavipiyono di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (21/12/2020) kemarin.

Di daerah, ada 11 Dinas Dukcapil kabupaten/kota yang menerima penghargaan WBK. Ke-11 Disdukcapil kabupaten/kota itu yakni, kabupaten Buleleng, Cilacap, Grobogan, Gunung Kidul, Kudus, Bandung, kota Bandung, kota Banjarmasin, kota Tegal, kota Yogyakarta dan Sudin kota administrasi Jakarta Pusat prov. DKI Jakarta.

Sedangkan Dinas Dukcapil kabupaten/kota yang menerima penghargaan WBBM adalah kabupaten Bantul.

"Saya sangat bangga dan bahagia atas capaian ini. Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK atau WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan. Bagi unit kerja yang tahun ini belum berhasil, kita coba lagi di tahun 2021," kata dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah di Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Awalnya, Zudan menuturkan, sebanyak 3.691 unit kerja layanan diusulkan dalam Zona Integritas. Dari jumlah tersebut sebanyak 763 unit kerja mendapatkan predikat WBK serta WBBM.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:GoNews Group, Nasional, Pemerintahan
wwwwww