Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Indonesia Taklukkan Australia, Gol Tunggal Komang Buka Peluang ke Perempat Final
Olahraga
22 jam yang lalu
Indonesia Taklukkan Australia, Gol Tunggal Komang Buka Peluang ke Perempat Final
2
Okto Jadi Saksi Sejarah Indonesia Kalahkan Australia di Piala AFC U-23
Olahraga
4 jam yang lalu
Okto Jadi Saksi Sejarah Indonesia Kalahkan Australia di Piala AFC U-23
3
Kalahkan Australia di Piala Asia U 23, Erick Thohir: Luar Biasa Penampilan Indonesia
Olahraga
4 jam yang lalu
Kalahkan Australia di Piala Asia U 23, Erick Thohir: Luar Biasa Penampilan Indonesia
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Peristiwa

40 Alquran Rusak dan Berserakan dalam Surau di Padang Pariaman, Pelaku Belum Ketahuan

40 Alquran Rusak dan Berserakan dalam Surau di Padang Pariaman, Pelaku Belum Ketahuan
Sejumlah aparat Polres Padang Pariaman menyaksikan puluhan Alquran yang rusak dan berserakan di lantai Surau Baru Al Mukmin di Jorong Padang Baru. (republika.co.id)
Jum'at, 18 Desember 2020 09:12 WIB

PADANG PARIAMAN - Warga Jorong Padang Baru, Nagari Parik Malintang, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, dihebohkan dengan ditemukannya sekitar 40 mushaf Alquran dalam kondisi rusak berserakan di lantai dalam Surau Baru Al Mukmin, Senin (14/12/2020) sore.

Dikutip dari Republika.co.id, Kasat Reskrim Polres Padang Pariaman, AKP Ardiansyah Rolindo, mengatakan mushaf Alquran berserakan itu ditemukan warga dan anak-anak yang akan belajar mengaji Senin sore.

Selain mushaf Alquran, lanjut Ardiansyah, juga ada banyak sobekan kertas HVS, piala, mukena, dan sajadah yang berserakan di lantai surau. Lampu surau pun ada yang rusak.

''Bukan disobek, seperti tercecer gitu. Seperti buku sudah rapuh, sudah lama, lalu copot. Mungkin ketika dihempaskan (ke lantai) sama pelaku, jadi berserakan semuanya,'' kata Ardiansyah kepada Republika.co.id, Kamis (17/12).

Dituturkannya, saat ini polisi masih melakukan penyelidikan untuk mencari tahu pelaku. Ardiansyah menyebut polisi masih menduga pelaku yang mengobrak-abrik isi surau adalah orang gila. Karena ada saksi yang melihat ada pergerakan orang gila di sekitar lokasi kejadian.

''Sejauh mana penyelidikan yang kami lakukan, belum bisa kami sebut. Yang Jelas kami masih memeriksa beberapa saksi,'' ujar Ardiansyah. Di antara saksi yang diperiksa polisi adalah garin surau dan beberapa warga sekitar.

Ardiansyah memastikan tidak ada Alquran yang dirobek dalam kejadian ini. Beberapa Alquran yang sudah sedikit rusak jadi terlepas dari ikatnya karena sudah rapuh. Dan ada kemungkinan Alquran dan beberapa benda-benda lainnya dihempaskan pelaku ke lantai sehingga semuannya berserakan.

Informasi yang diterima Ardiansyah dari warga, Surau Baru Al Mukmin di Jorong Padang Baru mulanya milik perorangan. Tapi kini sudah diserahkan ke pihak jorong (dusun).

Surau ini digunakan untuk anak-anak belajar mengaji.

Alquran yang berserakan di lantai Surau Baru Al Mukmin di Jorong Padang Baru viral di sosial media sejak Senin kemarin. Hasil pendataan polisi, Alquran yang rusak ada sebanyak 40 buah.

Kejadian ini pertama kali diketahui salah satu santri usia 10 tahun bernama Ameli Putri. Dia melihat kondisi dalam surau berserakan saat mengambil air minum di tempat wudhu surau.

Dia melihat surau sudah dalam keadaan terbuka. Di dalam surau sudah bertebaran Alquran berbagai ukuran di lantai dalam keadaan sebagian rusak, lampu-lampu pecah, trofi berserakan serta alat pengeras suara dalam keadaan rusak dan patah.***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:Hukum, Peristiwa
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/