Home  /  Berita  /  Pemerintahan

10 dari 14 'Incumbent' di Pilkada Sumbar Kalah

10 dari 14 Incumbent di Pilkada Sumbar Kalah
Anggota Komisi II fraksi PAN DPR RI dari dapil Sumatera Barat II, Guspardi Gaus dalam suatu kesempatan. (foto: dok. ist.)
Jum'at, 18 Desember 2020 11:46 WIB

JAKARTA - Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus mengungkapkan bahwa 10 dari 14 petahana atau incumbent yang maju dalam kontestasi pemilihan kepala daerah di Sumatera Barat (Sumbar) kalah oleh penantangnya.

"Kab. Pesisir Selatan bupatinya maju, kota Bukit Tinggi wakil walikotanya maju, kab. Sijunjung wakil bupatinya maju, kab. Tanah Datar plt. bupatinya maju, kab. Pasaman Barat wakil bupatinya maju, kota. Solok, kab. Solok Selatan, kab. Agam, dan provinsi Sumbar sendiri," menjadi daerah-daerah yang diungkap oleh Guspardi kepada wartawan, Jumat (18/12/2020).

Secara umum, menurut Guspardi, partisipasi pemilih pilkada di tengah pandemi juga terbilang tinggi. Di beberapa daerah, partisipasi pemilih bahkan melampaui target KPU yang ditetapkan sebesar 70,50 persen.

"Di Riau, Senin lau kami lakukan peninjauan, partisipasinya tembus 80 persen, kab. Sijunjung di Sumbar tembus 70 persen," kata Guspardi.

Pihaknya, kata Guspardi, terus melakukan pemantauan. Laporan evaluasi dari Kemendagri pun sudah diterima.

"Indikator kesuksesan pilkada, ada beberapa, tapi secara umum saya sudah pernah katakan bahwa pilkada kita sukses. Selanjutnya, hal-hal yang menjadi ekses dari gelaran pilkada kali ini adalah merupakan tanggungjawab kita bersama untuk terus memperbaiki kepemiliuan kita," kata Guspardi.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:GoNews Group, Nasional, Politik, Pemerintahan
wwwwww