Home  /  Berita  /  Hukum

Tingkatkan Kerjasama Kemendagri-Kemenlu, Ratusan Kantor Perwakilan RI di LN segera Bisa Layani Adminduk

Tingkatkan Kerjasama Kemendagri-Kemenlu, Ratusan Kantor Perwakilan RI di LN segera Bisa Layani Adminduk
Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh (ketiga kiri, berdiri) saat bersama Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Dubes Andi Rachmianto di ruang call centre Dukcapil Kemendagri, Jakarta, Selasa (15/12/2020). (foto: ist./dukcapil Kemendagri)
Rabu, 16 Desember 2020 21:24 WIB

JAKARTA - Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh menyatakan, pihaknya berencana membuat ruang pelayanan adminduk di 130 perwakilan RI di luar negeri.

Rencana tersebut merupakan hasil dari pertemuan Zudan dengan Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Dubes Andi Rachmianto yang didampingi Direktur Perlindungan WNI, Yudha Nugraha di ruang rapat Ditjen Dukcapil pada Selasa (15/12/2020) siang.

Menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut, kata Zudan, pada akhir bulan Desember 2020 akan dilakukan evaluasi pelayanan adminduk di 15 perwakilan RI di luar negeri sebagai pilot project.

Adapun ke-15 perwakilan RI di luar negeri yang menjadi pilot project ruang pelayanan adminduk tersebut adalah Kedutaan Besar RI (KBRI) Ankara, Berlin, Kairo, Doha, Kuala Lumpur, London, Manama, dan KBRI Tokyo. Untuk level konsulat jenderal (KJRI) ada Frankfurt, Hong Kong, Kota Kinibalu, Los Angeles, Melbourne, Osaka dan Sydney.

Zudan menjelaskan, hasil evaluasi tersebut nantinya akan menjadi dasar pelaksanaan pelayanan adminduk di 130 perwakilan RI di luar negeri pada tahun 2021, agar seperti pelayanan adminduk di Kantor Dinas Dukcapil dalam negeri.

"Ini merupakan sinergi yang sangat luar biasa dan kolaborasi amat penting antara Kemendagri melalui Ditjen Dukcapil dan Kemenlu. Jadi mudah-mudahan pelayanan adminduk ini bisa terwujud sehingga ruang pelayanan adminduk bisa meliputi di 514 kabupaten/kota dan 130 perwakilan RI di luar negeri," kata Zudan dalam pesan singkat, Rabu (16/12/2020) malam.

Tahun 2021 mendatang, Zudan mengungkapkan, akan dilakukan pelatihan di 5 atau 6 region di luar negeri untuk melatih petugas konsuler Kemenlu agar memiliki kemampuan seperti petugas Dukcapil.

"Dukcapil akan membentuk Tim/Satgas tingkat eselon I dan Tim Teknis eselon II ke bawah untuk penyelesaian masalah yang bersifat rutin. Untuk persoalan yang bersifat baru dan belum ada solusi teknisnya akan diselesaikan tim tingkat eselon I antar Kementerian/Lembaga," pungkas Zudan.

Sebagai pengingat, pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) secara daring telah dimulai di Perwakilan RI di Ankara, Turki pada 22 Desember 2019 lalu. Apa yang menjadi agenda mendatang adalah peningkatan atas kerjasama tersebut.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:GoNews Group, Internasional, Nasional, Politik, Pemerintahan, Hukum
wwwwww