Home  /  Berita  /  GoNews Group

Untuk Indonesia Maju, Dukcapil Apresiasi Pihak-Pihak Pendukung Layanan Adminduk

Untuk Indonesia Maju, Dukcapil Apresiasi Pihak-Pihak Pendukung Layanan Adminduk
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah, dalam kesempatan jemput bola layanan administrasi kependudukan (Adminduk) di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Oktober lalu. (foto: dok. ist.)
Senin, 14 Desember 2020 16:33 WIB

JAKARTA - Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah, menyatakan apresiasi tingginya pada pihak-pihak yang mendukung optimalisasi layananan adminduk guna memenuhi hak setiap warga negara Indonesia.

Apresiasi ini menyusul suksesnya korps Dukcapil dalam melakukan perekaman KTP-el hingga mencapai 99,7 persen dari daftar pemilih tetap (dpt) pilkada 2020.

"Keberhasilan ini adalah bukti kegigihan korps Dukcapil seluruh Indonesia dalam melakukan giat jemput bola melakukan perekaman dan menindaklanjuti setiap pelaporan yang diterima. Ada peran korps Dukcapil, ada peran KPU daerah, Bawaslu daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, TNI, Polri dan berbagai pihak lainnya, termasuk mereka yang memberi masukan laporan mengenai wagra masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan, karena sistem data dan kerja Dukcapil kan berbasis laporan," kata Zudan kepada GoNews.co, Senin (14/12/2020).

Dengan sistem basis data yang dimiliki oleh Dukcapil saat ini, kata Zudan, dimanapun warga masyarakat tinggal dan menetap bisa dengan mudah diberi identitas selama ada pelaporan yang diterima oleh Dukcapil. Basis kerja berdasarkan laporan ini juga bukti komitmen Dukcapil atas asas kerja yang transparan, dimana Dukcapil tidak bisa sembarangan menerbitkan dokumen kependudukan hanya dengan inisiatif Dukcapil tanpa adanya pelaporan.

"Ketika kami menerima laporan kepindahan misalnya, proses pencetakan KTP-el dan KK di lokasi baru bisa segera dilakukan. Ketika kami menerima laporan adanya warga urban tak memiliki identitas misalnya, kami bisa melakukan pelacakan ke alamat asli warga urban tersebut, lalu memberi mereka dokumen identitas sesuai alamat baru. Kuncinya, pelaporan," kata Zudan.

"Kawan-kawan saya di Dukcapil benar-benar petarung-petarung tangguh yang tulus iklas melayani sampai malam hari dan lembur di hari libur. Peran serta setiap elemen masyarakat untuk turut memberi masukan/laporan juga sangat membantu kerja korps Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) di seluruh Indonesia," kata Zudan.

Zudan memungkasi, setiap dukungan dari berbagai pihak akan sangat berarti bagi suksesi program single identity atau identitas tunggal bagi setiap warga negara. "Jika hari ini sudah ada ribuan lembaga dan instansi yang menggunakan basis data Dukcapil untuk berbagai keperluan baik penetapan kebijakan ekonomi maupun penetapan kebijakan publik, maka dengan dukungan berbagai pihak kita wujudkan basis data Dukcapil sebagai data terakurat dan paling kredibel untuk seluruh kepentingan nasional dan mewujudkan Indonesia Maju,".***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Pemerintahan, Nasional, GoNews Group
wwwwww