Home  /  Berita  /  Politik

Ketua DPD Minta Senator Turun Beri Bantuan Korban Banjir di Aceh

Ketua DPD Minta Senator Turun Beri Bantuan Korban Banjir di Aceh
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dan beberapa senator usai Sidang Paripurna. (Foto: Istimewa)
Kamis, 10 Desember 2020 15:25 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
SURABAYA - Banjir yang melanda 22 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Aceh, sejak beberapa hari lalu, menyebabkan ribuan warga mengungsi. Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta senator asal daerah pemilihan Aceh untuk segera turun memberi bantuan.

"Setidaknya ada 27 ribu warga Aceh Utara yang mengungsi akibat banjir. DPD harus memastikan hadir di tengah-tengah rakyat, terutama saat dibutuhkan seperti ini. Saya minta senator Dapil Aceh untuk segera turun memberi bantuan kepada para pengungsi banjir," ujar LaNyalla, Kamis (10/12/2020).

Banjir yang melanda wilayah Aceh Utara sejak Sabtu (5/12) pekan lalu terjadi setelah daerah tersebut diguyur hujan deras. Banjir menyebabkan korban jiwa 4 orang tewas.

"Saya turut berbelasungkawa atas meninggalnya para korban akibat bencana banjir di Aceh Utara. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," tutur LaNyalla di bandara Juanda sesaat sebelum bertolak kembali ke Jakarta setelah lakukan pemantauan Pilkada di beberapa wilayah di Jawa Timur.

Pemkab Aceh Utara menetapkan status tanggap darurat selama 14 hari sejak Senin (7/12) hingga 20 Desember mendatang atas bencana banjir ini. LaNyalla meminta Pemda untuk terus mengantisipasi dampak akibat banjir.

"Pemda harus betul-betul menyiapkan segala keperluan warga yang mengungsi. Kenyamanan dan keselamatan warga harus menjadi prioritas," ucap senator asal Dapil Jawa Timur ini.

Berdasarkan informasi, pengungsi banjir di Aceh Utara sudah banyak yang mengeluhkan kurangnya sarana dan fasilitas penunjang di pengungsian. Mulai dari kekurangan air bersih, hingga anak-anak yang mulai sakit.

"DPD meminta kepada Pemda untuk memastikan kesehatan warga. Jangan sampai warga justru jatuh sakit di tempat pengungsian. Pemda perlu menyiapkan segala kebutuhan warga yang mengungsi," tegas LaNyalla.

"Selain itu, protokol kesehatan di tempat pengungsian harus diterapkan dengan seksama agar tidak ada penularan virus Covid, terutama terhadap warga dengan kategori rentan," imbuhnya.

Banjir di Aceh Utara juga menyebabkan listrik padam di sejumlah daerah. Saat ini masih ada beberapa kecamatan yang listriknya masih padam. LaNyalla berharap agar PLN bisa segera mengatasi permasalahan itu.

"Kami berharap agar pemadaman listrik bisa segera diatasi agar warga tidak kesulitan dalam beraktivitas," sebut mantan Ketum PSSI ini.

Selain Aceh Utara, banjir juga merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Timur. Atensi yang sama juga disampaikan oleh Ketua DPD.

"Peran serta dari Pemerintah Aceh juga diperlukan mengingat wilayah yang terdampak banjir ada di beberapa kabupaten. Kami juga mengingatkan agar senator Dapil Aceh terus melakukan koordinasi dengan Pemda agar apa yang menjadi keperluan warga bisa tersalurkan dengan tepat," ujar LaNyalla.

Untuk diketahui, ada empat senator asal Dapil Aceh. Mereka adalah Sudirman, HM Fadhil Rahmi, Fachrul Razi, dan Abdullah Puteh.***

wwwwww