Home  /  Berita  /  GoNews Group

Indonesia Sukses Gelar Pilkada di Tengah Pandemi, Guspardi Apresiasi Pihak-pihak Ini...

Indonesia Sukses Gelar Pilkada di Tengah Pandemi, Guspardi Apresiasi Pihak-pihak Ini...
Legislator fraksi PAN DPR RI dapil Sumbar II/Anggota Komisi II DPR RI, Anggota Baleg DPR RI, Guspardi Gaus dalam sebuah kesempatan. (foto: ist.)
Kamis, 10 Desember 2020 07:45 WIB

JAKARTA - Anggota komisi II DPR RI Guspardi Gaus, memberikan apresiasi atas keberhasilan lintas institusi mulai dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), penyelenggara pemilu, aparat keamanan, satuan tugas, dan masyarakat serta semua stakeholder yang telah bekerjasama dengan baik dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 yang dilaksanakan di masa pandemi Covid-19.

"Alhamdulilah secara umum pilkada serentak berjalan dengan aman, damai dan mematuhi protokol kesehatan," kata Guspardi kepada wartawan, Kamis (10/12/2020).

Pencapaian ini tidak lepas dari sosialiasi dan kepatuhan masyarakat menjalankan protokol kesehatan di lapangan dengan disiplin sebagaimana yang telah diatur dalam PKPU no 13 tahun 2020.

"Hal ini juga tak lepas dari langkah strategis KPU yang mengatur regulasi yang adaptif dengan mengatur jadwal kedatangan masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya secara bertahap. Ini terbukti efektif mencegah penumpukan dan kerumunan masyarakat di TPS," kata Guspardi.

Terkait partisipasi pemilih, kata Guspardi, dari laporan yang diterima hingga Rabu malam tadi, tingkat partisipasi pemilih di beberapa daerah cukup baik dan menggembirakan. "Ada laporan dari beberapa daerah di atas 70 persen bahkan ada daerah yang melaporkan 80 persen,".

"Memang secara agregat kita belum bisa meyimpulkan angkanya. Saya berharap agar partisipasi pemilih tidak terlalu jauh turunnya dari target yang sudah ditetapkan KPU sebesar 77,5 persen. Apalagi kondisi pilkada serentak ini dilaksanakan masih dalam masa pandemi covid-19," kata dia.

Seperti diketahui, pemungutan suara dalam pilkada 2020 baru saja usai dilaksanakan pada 9 Desember kemarin di 270 kabupaten/kota di Indonesia. Peninjauan langsung jajaran Kemendagri bersama penyelenggara pemilu hingga ke tempat pemungutan suara dilakukan di 32 provinsi yang menggelar pilkada. Partisipasi pemilih juga didukung oleh tingginya angka perekaman KTP-el yang tembus 99,71 persen dari total daftar pemilih tetap di H-1 pencoblosan.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Pemerintahan, Politik, Nasional, GoNews Group
wwwwww