Home  /  Berita  /  Politik

Hasil Real Count, Pilkada Bukittinggi 2020 Dimenangkan Pasangan Erman Safar - Marfendi

Hasil Real Count, Pilkada Bukittinggi 2020 Dimenangkan Pasangan Erman Safar - Marfendi
Cawako Erman Safar saat memberikan hak pilihnya di salah satu TPS di Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Rabu 9 Desember 2020.(doc ist)
Kamis, 10 Desember 2020 15:33 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Beberapa hasil penghitungan cepat (Real Count) Tim Erman Safar Center, Tim Pasangan Ramlan Nurmatias – Syahrizal (Rasya) dan penghitungan sementara KPU Kota Bukittinggi, Pasangan Calon Walikota Bukittinggi Erman Safar - Marfendi unggul dari 2 paslon Petahana, pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Rabu, 9 Desember 2020 malam.

Pemilihan calon Walikota Bukittinggi tahun 2020 ini diikuti oleh 3 Paslon yakni;

1. Ramlan Nurmatias – Syahrizal (Rasya) yang maju dari perseorangan (independen) dan didukung juga oleh Partai Demokrat, Partai PPP dan Partai Hanura.

2. Erman Safar – Marfendi yang diusung oleh koalisi Partai PKS, Partai Gerindra dan Partai Golkar.

3. Irwandi – David yang diusung oleh Partai Nasdem, Partai PAN dan Partai PKB.

Berikut adalah perolehan hitung suara cepat paslon Walikota Bukittinggi, versi Tim Erman Safar Center;

Erman-Marfendi (45,66%)

Ramlan-Syahrizal (40,22%)

Irwandi-David (14,12%)

Sementara itu perolehan hitung suara cepat paslon Walikota Bukittinggi, versi Tim Rasya adalah sebagai berikut;

Erman-Marfendi (45,71%)

Ramlan-Syahrizal (40,40%)

Irwandi-David (13,88%)

Pasca memperoleh hasil hitung suara cepat, pada sore hari jelang malam, sekitar ratusan orang tim relawan, yang didominasi kaum ibu - ibu, simpatisan dan paslon Erman-Marfendi bersama beberapa tokoh masyarakat, merayakan kemenangan di Rumah Juang Erman Safar, di jalan By Pass, Kota Bukittinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Erman Safar menyatakan, bersyukur “Alhamdulillah, dari hasil perhitungan kita dan perhitungan dari pihak lain, kesimpulannya seluruh usaha kita selama beberapa bulan ini berhasil ujarnya.

Erman juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, ini adalah perjuangan kita semua terutama perjuangan kaum yang terzalimi sehingga kita bisa meraih kemenangan ini, ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Cawawako Marfendi juga menyampaikan, “Insya Allah ini adalah sesuatu yang luar biasa, kemenangan ini adalah kemenangan kita bersama, tidak lagi lawan atau kawan tetapi kita bersaudara. Bukittinggi ini milik kita bersama. Kita akan jadikan Bukittinggi ini menjadi Bukittinggi Hebat, sampainya.

Perayaan kemenangan hasil real count tadi malam juga hadir paslon nomor urut 3, Irwandi bersama tim pemenangannya. Selain itu mantan Walikota Bukittinggi periode 2010 - 2015, Ismet Amzis yang saat ini juga menjadi anggota DPRD Provinsi Sumbar juga ikut datang dan memberikan ucapan selamat atas perolehan hasil perhitungan suara cepat dari berbagai sumber ini.

Terpisah, Ketua KPU Kota Bukittinggi, Heldo Aura, pada hari Kamis, 10 Desember 2020 juga mengatakan, “Itu data hasil rekapitulasi berdasarkan aplikasi sirekap per TPS, data permanen secara aturan berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara per tingkatan, dimulai dari Kecamatan, dilanjutkan ke Tingkat Kota. Ditingkat Kota baru ditetapkan hasil pemilihan 2020 dan diumumkan, sebutnya.

Dikatakan juga oleh Heldo, datanya masih bergerak, itu lebih kurang baru 50% dari data yang masuk.

Heldo juga menuturkan saat ini penghitungan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah selesai 100%, namun upload datanyo yg masih berjalan. Hasil rekapitulasi di kecamatan direncanakan besok tanggal 11 Desember, sementara ditingkat Kota direncanakan tanggal 16 Desember 2020, ucapnya.

Ketua Partai PKS Nur Hasra yang dihubungi awak gosumbar juga menuturkan, Insya Allah setelah proses hitung cepat kita laksanakan, hasilnya kita dinyatakan menang, dan ini adalah kemenangan masyarakat kota Bukittinggi, pungkasnya. (**)

wwwwww