Home  /  Berita  /  GoNews Group

Tim Garuda Select Bertolak ke Inggris Malam Ini

Tim Garuda Select Bertolak ke Inggris Malam Ini
Tim Garuda Select Jilid 3
Kamis, 03 Desember 2020 13:11 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Tim Garuda Select Jilid 3 yaang terpilih dari proses seleksi dan penjaringan yang panjang akan diberangkatkan ke Inggiris, Kamis (3/12/2020) malam.  Mereka dilepas  Wakil Sekjen PSSI Maaike Ira Puspita, perwakilan Mola TV Mirwan Suwarso, dan juga hadir melalui komunikasi virtual Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, Rabu (2/12/2020) malam.

Maaike Ira Puspita mengatakan, PSSI mengapresiasi program Garuda Select yang sudah berjalan hingga musim ketiga ini. Para pemain ini diharapkan bisa menjadi bibit-bibit muda berbakat Indonesia untuk bisa memperkuat tim nasional Indonesia di masa mendatang.

“PSSI memiliki cita-cita besar dalam pengembangan usia muda. Target pencapaian terhadap cita-cita tersebut salah satunya dilakukan dengan melaksanakan beberapa program kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah program akselerasi pembinaan pemain antara PSSI dengan Mola TV yang pada tahun 2020 ini merupakan gelaran yang ketiga kalinya,” kata Ira.

“PSSI berharap semua pemain bisa terus meningkatkan kualitas individu mereka. Jangan cepat menyerah dalam menimba ilmu selama mengikuti program di Eropa agar kelak menjadi tumpuan tim nasional,” tambahnya. 

Perwakilan Mola TV, Mirwan Suwarso, menekankan agar para pemain bisa memaksimalkan kesempatan langka ini untuk bisa mengasah kemampuan mereka sambil belajar banyak hal baru selain sepak bola. Diharapkan, dengan metode serta berbagai fasilitas penunjang yang ada selama di Eropa, mampu meningkatkan kualitas individu dari masing-masing pemain.

“Kalau untuk membentuk tim, itu ranahnya PSSI. Mola hanya membantu mengembangkan bakat-bakat yang ada, untuk menjadi pemain yang lebih baik. Tolok ukur keberhasilan dari program ini adalah para pemain mampu meningkatkan performa dari hari ke hari dari latihan yang didapat,” kata Mirwan.

“Nantinya para pemain akan digabungkan dengan beberapa pemain dari negara lain untuk melatih keberanian serta mental mereka. Jadi, mereka juga bisa mempelajari budaya dari bangsa lain sebagai bekal mereka nanti,” tambah Mirwan. 

Dalam rombongan pemain yang berangkat, terdapat pula tiga pemain dari angkatan kedua untuk diberangkatkan kembali. Hal ini adalah Tahapan Kedua dari Bagian Program Garuda Select, yang mana pemain terbaik dari musim sebelumnya masuk ke tahapan berikutnya mendapatkan latihan lanjutan dari musim sebelumnya.

Ini adalah bentuk tanggung jawab dari Program Garuda Select Tahapan II Pengembangan Pemain seperti yang dialami oleh Bagus, Bryllian, David Maulana musim lalu untuk memberikan pelatihan level berikutnya dalam pembinaan kemampuan pemain. Ketiga pemain tersebut adalah Fernando Pamungkas, Edgard Amping, dan Rafli Asrul. Kehadiran mereka diharapkan bisa menjadi penghubung antara tim pelatih dan para pemain angkatan ketiga yang baru bergabung tahun ini.

“Sejauh ini biasanya mereka sering bertanya kepada saya soal kondisi di Inggris. Saya kasih tahu harus jaga kondisi karena cuaca di sana berbeda dengan di sini, banyak hal baru yang akan didapat di sana. Kalau untuk kekompakan, saya yakin tidak ada masalah karena komunikasi berjalan lancar,” kata Fernando Pamungkas. 

Garuda Select merupakan program akselerasi PSSI dan Mola TV untuk pengembangan bakat-bakat muda terbaik Indonesia. Tujuan utama Program Garuda Select bukan untuk membentuk sebuah tim, tapi untuk menanamkan profesionalisme sehingga mereka bisa berkembang dalam dunia sepak bola profesional baik di dalam maupun di luar negeri.

Pada setiap musim, Garuda Select memilih bakat-bakat terbaik Indonesia untuk ditempa secara intensif di Eropa. Mengejar segala ketinggalan mereka baik dari sisi mental, fisik, teknik, atau pun taktik. Kriteria pemilihan bakat dilakukan berdasarkan penilaian atas potensi mereka untuk berkembang di masa depan, bukan berdasarkan kemampuan yang mereka tunjukkan sekarang.

Selain menyiarkan pertandingan secara langsung setiap pekannya, Mola TV juga meliput kehidupan pemain selama berada di Eropa lewat serial "Dream Chasers" di mana serial ini dapat menjadi pelajaran dan motivasi seluruh anak Indonesia untuk terus meningkatkan prestasi masing-masing. ***

GoSumbar.com Ini Tekad Pemain Garuda Select Yang Akan Bertolak ke Inggris
GoSumbar.com Babak Top 44 Lida 2020 Digelar Mulai Malam Ini
GoSumbar.com Terobati Kerinduan Keluarga dan Makanan Indonesia
GoSumbar.com Teknik Tim Garuda Select Jauh Lebih Bagus Ditangani Fakhri Husaini
GoSumbar.com Banyak Peminat, Pendaftaran Ajang Drag Race dan Drag Bike Perebutan Piala Menpora RI Dibuka Hingga Sabtu Malam Ini
GoSumbar.com Pebalap Sumatera, Pendaftaran Ajang Drag Race dan Drag Bike Perebutan Piala Menpora RI Dibuka Hingga Jumat Malam Ini
GoSumbar.com Gempa Kuat Goyang Kepulauan Mentawai Malam Ini, Warga Padang Rasakan Getarannya
GoSumbar.com Jumat Malam Ini, Walikota Padang Jadwalkan Safari Ramadan ke Masjid Ahlussunnah Sungai Sapih
GoSumbar.com Evakuasi Korban Banjir Padang, BPBD Sumbar Turunkan Perahu Karet ke Sejumlah Titik Malam Ini
GoSumbar.com Pembersihan Material Longsor Palupuh Malam Ini Dihentikan, Hubungan Bukittinggi-Pasaman Masih Lumpuh
GoSumbar.com Buka Jalur Bukittinggi-Pasaman, Tim Penyelamat Berusaha Singkirkan Material Longsor di Palupuh Agam Hingga Malam Ini
GoSumbar.com BMKG Peringatkan, Kota Padang dan Padang Pariaman Berpotensi Hujan Disertai Angin Kencang Malam Ini
GoSumbar.com Malam Ini Final Pemilihan Uda Uni Kota Padang, Sang Juara Diharapkan Mampu Dorong Pariwisata
GoSumbar.com Senin Malam Ini Presiden Joko Widodo Mendarat di BIM, Guna Membuka Sail Komodo 2016
GoSumbar.com Penduduk Indonesia Dirilis Berjumlah 271.349.889 Jiwa, 17.463 Diantaranya Berusia 100-115 Tahun
GoSumbar.com Iuran BPJS Kembali Naik, Syarif Hasan: Pemerintah Harusnya Bantu Masyarakat Bukan Mempersulit
GoSumbar.com Hetifah minta Kemendikbud RI beri Reward bagi Guru Honorer
GoSumbar.com Sah! Paripurna DPR Setujui Listyo Sigit jabat Kapolri
wwwwww