Home  /  Berita  /  GoNews Group

I Putu Dipa Dapat Kesempatan Timba Ilmu di Benua Biru

I Putu Dipa Dapat Kesempatan Timba Ilmu di Benua Biru
Rabu, 02 Desember 2020 12:06 WIB
Penulis: Azhari Nasution
BOGOR - Nama I Putu Dipa Yogi Arta menjadi salah satu pesepakbola muda berbakat terbaru dari Pulau Dewata, Bali, yang berkesempatan mencoba asah kemampuan sepak bolanya di benua biru.

Dipa, panggilannya, merupakan pemain terpilih dari Program Garuda Select angkatan ketiga yang sudah dimulai sejak akhir Oktober lalu. Dimulai dengan seleksi awal 130 pemain di Stadion Pakansari dan berakhir dengan terpilihnya 21 pemain untuk bisa mencicipi pengalaman berlatih dan bermain sepak bola ala Inggris.

Bek tengah berusia 16 tahun itu menjalani seleksi bersama dengan tiga pemain dari Pulau Bali. Akhirnya ketiga pemain Bali terpilih masuk dalam Garuda Select. Selain Dipa, adapula I Gusti Made Rendi Sanjaya Putra dan I Gede Aditya Juli Antara yang berkesempatan menimba ilmu di Benua Biru. Bersama rekan-rekannya, Dipa bertekad untuk bisa menembus kompetisi di Eropa.

“Keluarga mendukung dan semoga bisa bermain di Eropa. Keluarga berharap saya bisa main yang bagus dan siapa tahu bisa bermain di sana (Inggris),” kata Dipa.

Dipa, memulai karier sepakbolanya bersama Bali United. Ia membela Bali United U16 di ajang Elite Pro Academy tahun lalu. Semangatnya menembus tim utama begitu membesar dan kini jalannya mewujudkan mimpinya bermain di Eropa mulai terbuka.

“Semua anak muda yang suka sepak bola pasti memiliki mimpi bermain di Eropa. Saya pribadi ingin sekali mencoba kompetisi di Inggris. Saya ingin mencicipi kerasnya kompetisi di sana,” tutur Dipa seperti dilansir pssi.org.

Sebagai informasi, Garuda Select merupakan program pelatihan sepak bola untuk mencari pemain berbakat Indonesia. Berbeda dengan program yang pernah dijalani PSSI sebelumnya. Meski bukan yang pertama menjadi program yang mengirim pemain ke luar negeri, Program Garuda Select ini lebih sistematis baik dari proses seleksi hingga proses pelatihannya.

Program ini juga tidak membentuk tim tapi lebih mengembangkan pemain muda untuk mendapatkan berbagai ilmu sepak bola. Sehingga para pesepakbola Indonesia memiliki peluang yang besar untuk bisa berkompetisi di Eropa dan berimbas dengan prestasi Timnas Indonesia di kancah sepak bola Internasional.

Dipa berharap program ini tetap ada dan menjadi wadah pemain muda unjuk gigi dan mencicipi pengalaman sepak bola Eropa. “Semoga prorgam ini (Garuda Select) bisa terus berlajut dan melahirkan generas-generasi muda untuk bisa tampil di Timnas Indonesia,” tutur dirinya ***

wwwwww