Home  /  Berita  /  Kesehatan

Positif Covid, Anies Baswedan Isolasi Mandiri

Positif Covid, Anies Baswedan Isolasi Mandiri
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)
Selasa, 01 Desember 2020 13:05 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinyatakan positif Covid-19 berdasar hasil tes usap PCR yang keluar, Selasa dinihari (1/12).

Meski begitu, Anies menyebut saat ini kondisinya dalam keadaan baik dan tanpa gejala. "Saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis," ujarnya Selasa pagi (1/12).

Anies mengimbau kepada siapa pun yang telah melakukan kontak dengannya selama beberapa hari terakhir untuk melakukan tes swab atau isolasi mandiri.

"Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari ini silakan langsung hubungi puskesmas terdekat untuk menjalani tes usap," kata Anies melalui keterangan video yang dikirimkan kepada wartawan, Selasa (1/12/2020).

Dia mengatakan, tim pelacakan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga akan mendata dan mencatat semua kontak erat.

Selain itu, seluruh prosedur penanganan juga akan dilakukan. "Dan tim tracing dari dinkes juga akan mendata akan dicatat semua, dihubungi semua kontak erat dan seluruh prosedur terkait akan dijalankan," ucap Anies.

Menurut Anies, beberapa hari sebelumnya, dia intens bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Aria untuk rapat berdua.

Anies menyebutkan, saat ini kondisinya dalam keadaan baik dan tanpa gejala. "Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” ujar Anies.

Saat ini, semua kontak erat, baik keluarga maupun staf yang ada di kantornya, telah dilakukan tes swab. "Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi,” ucap Anies.

Meski dinyatakan positif dan tanpa gejala, Anies akan tetap memimpin rapat-rapat yang telah dijadwalkan. Rapat itu akan dilakukan secara virtual.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/