Home  /  Berita  /  Pemerintahan
Parlementaria DPRD, Rapat Paripurna Istimewa HJK ke-230,

Padang Panjang Semakin Tangguh dan Berdaya Saing

Padang Panjang Semakin Tangguh dan Berdaya Saing
Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Kota (HJK) Padang Panjang ke-230, Selasa 1 Desember 2020.
Selasa, 01 Desember 2020 17:55 WIB
PADANG PANJANG - Kota Padang Panjang berusia 230 tahun tepat pada hari ini 1 Desember 2020. Kota berjuluk Serambi Mekkah ini telah melewati perjalanan yang panjang sejak era sebelum kemerdekaan hingga saat ini.

Saat tengah terjadinya wabah Covid-19, kota berhawa sejuk ini tetap menunjukkan semangat juang tak menyerah dengan keadaan yang terjadi. Terbukti, pemerintah dan masyarakatnya terus bergerak memajukan kota. Berbagai prestasi pun diraih. “Padang Panjang tangguh dan berdaya saing" . Inilah spirit yang diusung dalam momentum Hari Jadi Kota (HJK) ke-230 ini.

Pada momentum HJK ini, Pemko dan DPRD menggelar Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka Hari Jadi Kota Padang Panjang ke-230, Selasa, 1 Desember 2020, di Gedung DPRD Kota Padang Panjang. Acara ini turut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Forkopimda dan sejumlah tokoh masyarakat.

Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dalam sambutannya menyampaikan, HJK merupakan suatu kebahagiaan bagi masyarakat Kota Padang Panjang --meski di tengah Covid-19, peringatan HJK tetap berjalan dengan khidmat.

Fadly Amran menuturkan, HJK merupakan kilas balik dan refleksi Pemko dan masyarakat agar menjadi lebih baik ke depannya. Di tahun 2020, Pemko menargetkan sejumlah program yang akhirnya dialihkan dalam penanggulangan Covid-19.

Walaupun demikian, Pemko Padang Panjang tetap berjuang, sejumlah prestasi pun tetap diraih. Antara lain, Indonesia Smart Nation Award (ISNA) kategori Smart Environment, STMB berkelanjutan, Nugra Jasa Darma Pustokloka Kategori Pejabat, Bronze Winner Tourism Award, Natamukto Award, Goverment Creatvity Innovation Entreprenuership Leadership Award ( kategori wisata berbasis kelurahan), Pasar SNI dan Rumah Kemasasan, Apresiasi Kementerian Perdagangan atas program "Tembang Indah Si Jempol (Tera Ulang Insyaa Allah Membawa Berkah, Siap Jemput Bola) dan banyak lagi penghargaan yang telah diraih oleh Kota Padang Panjang.

Fadly Amran juga mengatakan, Pemko Padang Panjang juga terus mengejar target dan berupaya merealisasikannya seiring disahkannya APBD 2021. Seperti pembenahan sarana prasarana Pasar Pusat Padang Panjang, pembangunan pedestrian dan lanjutan pengadaan tanah dan perencanaan Sport Center.

Gubernur Irwan Prayitno berharap, Kota Padang Panjang semakin maju, berjaya, bermarwah dan bermartabat, serta masyarakatnya sejahtera di bawah kepemimpinan Fadly-Asrul.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga memuji duet kepemimpinan Fadly-Asrul yang patut dicontoh oleh pemimpin kota dan kabupaten lain di Sumbar. "Pak Fadly Amran dan Pak Asrul patut dijadikan contoh. Tak ada kisruh, koordinasi mereka lancar. Semoga selalu harmonis sampai akhir kepemimpinan. Begitu pun bersama DPRD-nya," ungkap Irwan Prayitno.

Ketua DPRD, Mardiansyah, A.Md berharap Pemko dan DPRD terus bersinergi memajukan kota. Dirinya berharap di usia ke -230 ini, kota semakin maju. Mardiansyah juga mengimbau , Pemko hendaknya segera merealisasikan program yang telah ditetapkan.

"Setiap program yang direncanakan, agar segera direalisasikan dan dapat dirasakan oleh masyarakat, serta tepat waktu," sambungnya.

Sementara itu, Ketua KAN Bukit Surungan, Faiz Fauzan El Muhammady Datuak Bagindo Marajo juga menyampaikan, HJK hakikatnya merupakan peringatan, sejauh mana amanah dijalankan Pemko yang dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. "Kita memohon kepada Allah selalu diingatkan akan kebenaran dan menguatkannya. Semoga kita mampu mencegah kemungkaran," ucapnya.

Dalam bincang dengan Ninik Mamak ini, Angku Faiz Fauzan El Muhammady Dt Bagindo Marajo juga mengimbau untuk selalu menjaga dan menyelamatkan marwah Kota Padang Panjang, serta membangkitkan kembali Adaik Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

"Kami berharap , Pemko dan DPRD segera merampungkan Perda Nagari yang diharapkan dapat menyelamatkan generasi kita. Tegakkan kebenaran dan cegah kebatilan," pungkasnya. (**)

Editor:Jontra
Sumber:Kominfo Padang Panjang
Kategori:Padangpanjang, Advertorial, Pemerintahan
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/