Home  /  Berita  /  Politik

Hari Ini, Komisi III DPR RI Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Komisioner KY

Hari Ini, Komisi III DPR RI Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Komisioner KY
Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry. (Foto: Istimewa)
Selasa, 01 Desember 2020 12:42 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry mengungkapkan, pihaknya akan menggelar fit and propper test atau uji kepatutan dan kelayakan terhadap 7 orang calon komisioner Komisi Yudisial (KY) pada Selasa (1/12/2020).

"Sesi wawancara akan dilaksanakan hari Selasa 1 Desember 2020. Selama proses wawancara berlangsung, calon anggota KY yang tidak sedang mengikuti wawancara, tidak diperkenankan melihat jalannya pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan yang sedang dilakukan oleh calon lainnya dan harus berada diruang tunggu Komisi III DPR RI," kata Herman kepada wartawan, Senin (1/12/2020).

Herman mengatakan, persetujuan dan penetapan terhadap 7 (tujuh) calon anggota KY RI akan dilakukan dengan cara musyawarah untuk mufakat atau pemungutan suara oleh anggota Komisi III DPR RI.
 
"Penentuan dan penetapan 7 (tujuh) calon anggota KY RI diputuskan dalam rapat pleno Komisi III DPR RI yang bersifat terbuka. Rencananya kami akan menyampaikan hasil proses ini sebelum masa sidang ini berakhir," kata Herman.

Sebelumya, presiden Jokowi melalui surat Nomor R.41/PRES/10/2020 tertanggal 5 Oktober 2020 telah menyampaikan 7 nama calon anggota KY (Komisi Yudisial) untuk masa jabatan 2020-2025 kepada DPR. Ketujuh nama calon anggota KY tersebut yaitu:

1. Joko Sasmito, mewakili unsur mantan hakim

2. M Taufik HZ, mewakili unsur mantan hakim

3. Sukma Violetta, mewakili praktisi hukum

4. Binziad Kadafi , mewakili praktisi hukum

5. Amzulian Rifai, mewakili akademisi

6. Mukti Fajar Nur Dewata, mewakili akademisi

7. Siti Nurjanah, mewakili unsur masyarakat.***

wwwwww