Home  /  Berita  /  Olahraga

Menpora Bangga Nusa Tenggara Barat Jadi Sumber Atlet Nasional

Menpora Bangga Nusa Tenggara Barat Jadi Sumber Atlet Nasional
Menpora Zainudin Amali berdiskusi dengan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah (berbaju batik).
Selasa, 24 November 2020 22:31 WIB
Penulis: Azhari Nasution
MATARAM - Menpora, Zainudin Amali menyebut Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu satu daerah yang menjadi penyumbang atlet nasional. Sejumlah atlet pun mampu unjuk gigi, bahkan bisa mengukir prestasi ke tingkat dunia.

"Saya pikir NTB adalah salah satu sumber atlet nasional. Mayoritas atlet dari sini adalah atletik. Terima kasih NTB yang sudah sumbang atletnya untuk tingkat nasional hingga internasional. Atlet yang disini sudah berkontribusi, mengibarkan bendera merah putih di event-event olahraga," kata Zainudin Amali di Mataram, NTB, Selasa (24/11/2020).

Salah satu atlet asal NTB yang sukses dalam hal prestasi adalah Lalu Muhammad Zohri. Sprinter andalan Indonesia ini mampu mengharumkan nama bangsa lewat aksinya. Kemudian, ada atlet karate Ahmad Zigi Zaresta, Dhita Juliana atlet voli pasir. Kemudian petinju Huswatun, serta I Gusti Bagus atlet BMX.

Lebih lanjut, Amali juga mengapresiasi atlet-atlet di NTB yang sudah berlatih dengan gigih ditengah fasilitas yang ada. Dia berharap, ke depan atlet junior mampu mengimbangi kemampuan atlet senior. "Untuk menuju prestasi olahraga, perlu disiapkan grand desain. Nah grand desain itu yang akan kita rampungkan. Prestasi itu harus kita desain," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Menpora juga menyambut baik semangat Pemprov NTB yang mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah PON pada 2028 mendatang. Untuk memenuhi itu, dia menyarankan agar KONI NTB untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

"Silahkan KONI NTB untuk melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait. Jalin komunikasi untuk menjadi tuan rumah bersama. Juga koordinsi dengan pusat. Apa yang harus diperbaiki ya perbaiki. Artinya sarananya harus memadai," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI NTB Andy Hadianto menambahkan, saat ini diakuinya sarana dan prasarana olahraga sangat minim. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat atlet NTB untuk berlatih.

"Dalam beberapa tahun terakhir, atlet-atlet di NTB ini mampu berprestasi di event-event olahraga. Ini tentunya atas dukungan dari Pak Gubernur dan masyarakat. Saat ini kondisi sarana prasarana sangat minim. Tapi atlet disini punya tekad yang kuat untuk mengukir prestasi. Ini akan terus kita wujudkan meski ditengah pandemi. SEA Games yang akan datang, kami optimis bisa menyumbangkan medali untuk Indonesia," jelasnya.

Sebelumnya, Menpora bersama rombongan mengunjungi Stadion Utama Gelanggang Olahraga Mataram. Menpora RI tampak serius mengamati lapangan sepak bola serta lintasan atletik serta berdiskusi dengan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77