Home  /  Berita  /  GoNews Group
Jelang Piala Dunia U 20 2021

Kemenpora Fasilitasi Pelatihan Pelatih Lisensi C AFC dan Tinjau Persiapan

Kemenpora Fasilitasi Pelatihan Pelatih Lisensi C AFC dan Tinjau Persiapan
Menpora Zainudin Amali kunungi Stadion I Wayan Dipta. (dok: kemenpora.org)
Minggu, 15 November 2020 01:37 WIB
Penulis: Azhari Nasution
BALI - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menutup kegiatan Pelatihan Pelatih Lisensi C AFC, dan meninjau Renovasi Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Stadion I Gusti Ngurah Rai (Denpasar) dan Stadion Gelora Tri Sakti (Kuta), Bali, Sabtu (14/11/2020). Ini merupakan komitmen Kemenpora untuk meningkatkan prestasi sepakbola Indonesia.

Dukungan ini diberikan sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2019 tentang percepatan prestasi sepak bola nasional. Salah satunya dengan menggelar pelatihan pelatih lisensi C AFC bekerjasama dengan PSSI.

"Kemenpora memfasilitasi penyelenggaraan pelatihan pelatih lisensi C AFC bekerjasama dengan PSSI dan semua pembiayaan pelatihan ini dibiayai APBN. Melalui pelatihan ini saya berharap akan muncul para pelatih berkualitas yang mampu menemukan dan menciptakan talenta-talenta berbakat pemain sepak bola," kata Zainudin Amali. 

Menurut Zainudin Amali, pelatih berkualitas adalah salah satu kunci peningkatan prestasi sepak bola selain dukungan sarana dan prasarana, serta aspek lainnya. "Saya berharap melalui pelatihan ini akan muncul pelatih yang bisa menyamai level Pelatih Timnas kita Shin Tae-yong, makanya kepada para peserta jangan berhenti sampai level ini, kejar level internasional berikutnya, minimal Level AFC Pro, pemerintah siap fasilitasi," tegasnya. 

Sebelum menutup acara pelatihan, Menpora meninjau renovasi stadion di Bali, di antaranya stadion utama I Wayan Dipta di Gianyar-Bali, "Pemerintah berharap setelah direnovasi stadion ini bisa bertaraf internasional sehingga dapat digunakan berbagai event internasional seperti Piala Asia atau Piala Dunia FIFA serta dapat dikombinasikan dengan potensi Pariwisata yang dikemas dalam pengembangan sport tourism," katanya. 

Terkait dengan Bali sebagai salah satu kandidat tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021, dia yakin dan optimis Bali akan menjadi tuan rumah yang baik dan sukses karena memiliki pengalaman menggelar berbagai event internasional dan level dunia. "Saya minta Pemerintah Provinsi dan Kota/Kabupaten agar mempersiapkan dukungan yang diperlukan untuk kesuksesan acara tersebut," imbuhya. 

Lebih lanjut, dia berharap dengan diajukannya Bali sebagai kota penyelenggara Piala Dunia U 20 2021, dapat jadi momentum akselerasi peningkatan prestasi sepak bola Bali yang selanjutnya dapat men-support timnas Indonesia. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/