Home  /  Berita  /  Olahraga

Komaruddin Simanjuntak, Sang Jenderal Smart Pecinta Tinju

Komaruddin Simanjuntak, Sang Jenderal Smart Pecinta Tinju
Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak.
Jum'at, 13 November 2020 00:07 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Nama  Mayjend TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak memang tidak asing di kalangan tinju amatir Indonesia. Pecinta tinju pasti langsung teringat dengan sepak terjangnya menggelar pertandingan tinju amatir di atas kapal tongkang.

Tidak heran jika Pengurus Provinsi (Pengprov Pertina) lebih condong memberikan dukungan kepada Komaruddin Simanjuntak menggantikan posisi Irjen Pol Jhony Asadoma pada Musyawarah Nasional (Munas) Pertina yang sudah diputuskan digelar di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), 17 Desember 2020 dalam Mukernas Virtual, Kamis (12/11/2020). 

Soal kecintaan terhadap tinju, pria berkumis tebal ini tidak perlu diragukan. Mantan Danrem 101 Antasari ini pernah menjabat sebagai Ketua Pengprov Pertiina Kalsel. "Kami tak pernah meragukan kecintaannya terhadap dunia tinju. Selain sudah menjadi bagian dari keluarga tinju, kami yakin pak Komaruddin mampu membawa prestasi tinju amatir Indonesia akan lebih baik ke depan," kata Muhammad Nasir Balfas yang ditemui pada acara Mukernas Pertina di Hotel Arya Duta Jakarta, Kamis (12/11/2020).

Apa yang diungkapkan Nasir Balfas itu juga diakui mantan pelatih Tim Tinju Olimpiade Barcelona 1992, Ucok Sitompul. "Saya tidak pernah ragu dengan kecintaan pak Komaruddin terhadap dunia tinju amatir. Jenderal yang Smart. Siap menerima kritikan dan sangat gampang komunikasi dengannya," kata Ucok Sitompul.

Foto: tribunnews.com 

Yang lebih mengesankan lagi, kata Ucok Sitompul, mantan Pangdam Udayana ini selalu mengedepankan fair play dan mengikuti semua aturan yang ada. "Kelihatan saja tampangnya galak tetapi sesungguhnya beliau berhati sangat lembut dan menjunjung tinggi fair play. Setiap kali ada yang emosi selalu saja diingatkan untuk bersikap lebih tenang," tambahnya.

Perasaan yang sama juga dilontarkan Sekretaris Pengprov Pertina Sulawesi Selatan, Adam Taka Simanjuntak. "Jangan bilang mentang-mentang satu marga. Pak Komaruddin itu paling gampang diajak bicara soal tinju. Sepertinya tak ada batasan seoerti petinggi dengan bawahan. Siapa pun akan simpatik jika sudah berbicara dengannya. Saya rasa pak Komaruddin yang tepat dipilih memimpin PP Pertina periode 2020-2024," katanya.

Beberapa waktu lalu, Komaruddin mengaku dirinya maju untuk menjadi Ketua Umum PP Pertina karena permintaan beberapa Pengprov Pertina. Bahkan, dia sudah memiliki program dalam meningkatkan prestasi olahraga tinju Indonesia.

"Kalau saya mendapatkan kepercayaan saya akan membenahi manajemen organisasi tinju dari dalam, lalu saya akan memperbaiki organisasi pembinaannya supaya prestasi nasional kembali seperti dulu dan bisa bertarung di kancah internasional," ujarnya. ***

wwwwww