Home  /  Berita  /  Ekonomi

Menuju Peradaban Baru, Dukcapil 'Support' Pegadaian dengan Teknolongi 'Scan' Wajah

Menuju Peradaban Baru, Dukcapil Support Pegadaian dengan Teknolongi Scan Wajah
Suasana penandatangan perjanjian kerja sama (PKS) penggunaan fitur Face Recognition (FR) antara Ditjen Dukcapil Kemendagri oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah (kiri) dengan PT Pegadaian di Jakarta, Selasa (10/11/2020). (foto: ist./dukcapil)
Rabu, 11 November 2020 10:32 WIB
JAKARTA - Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) mendukung sarana pengenalan pelanggan secara elektronik (e-KYC/electronic-know your customer) untuk PT Pegadaian melalui penerapan teknologi pindai/scan wajah (face recognition/FR).

Penandatangan kerjasama Dukcapil dengan PT Pegadaian, berlangsung di Jakarta pada Selasa (10/11/2020) kemarin.

Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrullah saat dikonfirmasi GoNews.co pada Rabu (11/11/2020) membenarkan bahwa teknologi tersebut adalah teknologi scan wajah untuk mengenali identitas seseorang.

"Dengan teknologi bukan suatu yang mustahil Indonesia bisa mengidentifikasi dan verifikasi identitas pelanggan secara digital," kata Zudan.

Dengan teknologi FR atau scan wajah ini, kata Zudan, semua data penduduk bisa mudah teridentifikasi. Teknologi ini, juga membawa implikasi perubahan perilaku masyarakat secara umum.

"Banyak CCTV ada di mana-mana sehingga orang tidak berani berbuat macam-macam, karena mudah terdeteksi identitasnya. Walhasil perilaku masyarakat berkembang menjadi baik," kata Zudan seraya menyatakan dorongannya agar Indonesia bisa membangun peradaban baru.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:GoNews Group, Nasional, Pemerintahan, Ekonomi
wwwwww