Home  /  Berita  /  GoNews Group

Desiana Raih Perak Dunia, Komitmen PP Persambi Berbuah Manis

Desiana Raih Perak Dunia, Komitmen PP Persambi Berbuah Manis
Sekjen PP Persambi, Sukma Every Lisa (kanan), Desiana Syafitri dan Arnold Silalahi.
Rabu, 11 November 2020 17:32 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Ternyata tidak sia-sia komitmen Pengurus Pusat Persatuan Sambo Indonesia (PP Persambi) di bawah kepemimpinan Krisna Bayu terus menjalankan dalam menjalankan pembinaan olahraga Sambo di tengah pandemi Covid 19. Faktanya, Desiana Syafitri yang diberangkatkan dengan dana organisasi mampu mempersembahkan medali perak bagi Indonesia pada Kejuaraan Dunia Sambo di Novi Sad, Serbia, 4-9 November 2020. 

"Terus terang, kesuksesan Desiana Syafitri meraih perak di Kejuaraan Dunia itu memiliki arti tersendiri. Pasalnya, Desiana menjalani persiapan hanya 40 hari dengan menggunakan anggaran organisasi yang merupakan usaha dari seluruh pengurus PP Persambi," kata Ketua Umum PP Persambi, Krisna Bayu di Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Prestasi ini memang bukan pertama diukir atlet sambo yang baru bebrapa tahun berdiri. Pada SEA Games Manila 2019, Tim Sambo Indonesia mampu menyumbangkan empat medali emas bagi Kontingen Indonesia. Prestasi yang membanggakan itu membuat pengurus PP Persambi semakin yakin olahraga yang ditekuni atlet MMA Khabib Normagomedov bisa berkembang dengan baik dan menjadi andalan Indonesia pada ajang enet internasional.

Ke depan, PP Persambi memang bakal dihadapkan dengan tantangan yang lebih besar. Selain mempersiapkan atlet sambo untuk menghadapi Asian Indor Martial Arts Games (AIMAG) di Bangkok Thailand, Mei 2021 juga menjawab kepercayaan yang diberikan Federasi Sambo Internasional (FIAS) menjadi tuan rumah Kejuaraan Sambo Asia di Bali, Agustus 2020.

Desiana Syafitri saat bertarung. 

"PP Persambi ingin memberikan yang terbaik pada saat memperkuat Kontingen Indonesia di AIMAG maupun Kejuaraan Sambo Asia di Bali. Makanya, kami sangat berharap Kemenpora memberikan dukungan untuk mewujudkan keinginan di dua event penting tersebut," kata Sekjen PP Persambi, Sukma Every Lisa yang mendampingi Desiana Syafitri saat ditemui beberepa wartawan.

Bantuan Kemenpora ini memang sangat dibutuhkan apalagi persaingan di AIMAG maupun Kejuaraan Sambo Asia itu sangat ketat. "Kita memang butuh bantuan Kemenpora untuk mendatangkan pelatih asing yang lebih berkualitas dalam upaya mencapai prestasi puncak baik di AIMAG maupun Kejuaraan Asia," timpal Arnold Silalahi, pelatih kepala yang mendampingi Desiana Syafitri.

Ketika disinggung SEA Games Vietnam 2021, Sukma Every Lisa mengungkapkan, PP Persambi tengah berjuang dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya agar cabang olahraga sambo bisa kembali dipertandingkan. "Kami sedang berusaha. Mudah-mudahan cabang olahraga Sambo bisa dipertandingkan dan kita mampu memberikan yang terbaik bagi Kontingen Indonesia," tandasnya. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/