Home  /  Berita  /  Ekonomi

MPR Dorong KemenkopUKM Percepat Digitalisasi UMKM

MPR Dorong KemenkopUKM Percepat Digitalisasi UMKM
Ilustrasi digitalisasi. (gambar ist./vector stock)
Senin, 09 November 2020 13:50 WIB
JAKARTA - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mendorong Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM), untuk mentransformasi seluruh pelaku UMKM menjadi usaha berbasis digital.

Upaya tersebut, termasuk memberikan pendampingan dan bantuan kepada UMKM agar memudahkan UMKM untuk menjadikan UMKMnya berbasis digital.

"Termasuk juga dalam perihal anggaran atau bantuan dana melalui kemudahan akses perbankan, sehingga UMKM dapat segera bangkit dan tumbuh sehingga ekonomi bisa kembali bergerak," kata politisi Golkar yang akrab disapa Bamsoet itu, Senin (9/10/2020).

KemenkopUKM, kata Bamsoet, juga mesti mempersiapkan sarana, prasarana, dan fasilitas yang memadai untuk membantu UMKM terkait tata cara memasarkan produk secara digital, "termasuk pelatihan bagi pelaku UMKM agar lebih melek teknologi dan mampu memasarkan produk-produknya secara luas,".

Sejalan dengan hal itu, Bamsoet juga mendorong agar masyarakat membeli produk buatan UMKM dalam negeri, sehingga perekonomian bagi pelaku UMKM dapat terus berjalan, "karena UMKM dapat menyerap hingga 97 persen dari seluruh tenaga kerja nasional,".***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:GoNews Group, Nasional, Ekonomi
wwwwww