Home  /  Berita  /  GoNews Group

Apresiasi Jokowi, Guspardi Gaus Dorong Peningkatan Kualitas Demokrasi Indonesia

Apresiasi Jokowi, Guspardi Gaus Dorong Peningkatan Kualitas Demokrasi Indonesia
Anggota Komisi II DPR RI/politisi PAN, Guspardi Gaus dalam sebuah kesempatan. (foto: dok. istimewa)
Senin, 09 November 2020 12:38 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus mengapresiasi niatan Presiden Jokowi untuk meningkatkan kerjasama dengan Amerika Serikat (AS) dalam bidang ekonomi, demokrasi dan multilateral, pasca kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS 2020.

"Saya memberikan apresiasi kepada Jokowi jika memang beliau menyampaikan itu (niatan untuk meningkatkan kerjasama dengan AS, red)" kata Guspardi Gaus kepada GoNews.co, Senin (9/11/2020).

"Saya mendukung ada MoU Kerjasama di bidang-bidang tersebut, termasuk mengenai sistem Pemilu kita," tegas Guspardi Gaus menambahkan.

Politisi PAN ini menilai, kemenangan Biden memang patut menjadi pembelajaran bagi Indonesia dalam demokrasi dan demokratisasi.

Pertama, kata Guspardi Gaus, Biden telah menunjukkan bahwa dirinya adalah sosok yang akomodatif di tengah aspirasi pemilih AS yang multi etnis, agama, dan teritori (negara bagian). Ini tentu nilai demokratis yang patut dicatat.

Tak heran, kata Guspardi Gaus, 80 persen suara pemilih muslim amerika mendukung Biden. "Belum lagi suara imigran, dan juga suara pemilih di kantong-kantong suara Trump sebagai petahana,".

"Saya kira kemenangan Biden memang potret dari harapan demokrasi segenap rakyat Amerika," ujar Guspardi Gaus.

Kemenangan Biden yang bahkan terjadi di kantong-kantong suara Trump, menurut Guspardi Gaus, patut ditengarai bahwa Pilpres AS tak terganggu oleh penetrasi kekuasaan petahana.

"Ini pelajaran berharga bagi kita semua, bagi pemilih, bagi politisi, dan juga bagi penyelenggara Pemilu kita" kata Guspardi Gaus.

Fakta bahwa Pemilu di Indonesia masih kerap dibayang-bayangi oleh narasi lembaga survey dan quick count, menurut Guspardi, termasuk hal yang perlu dibenahi.

Guspardi berharap, pasca kemenangan Biden, ada kesadaran bersama di tanah air Indonesia untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelaksanaan demokrasi yang jujur, adil.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Politik, Nasional, GoNews Group
wwwwww