Home  /  Berita  /  GoNews Group

Penjelasan Analisis Roy Suryo Soal Video Syur Diduga Mirip Artis GA

Penjelasan Analisis Roy Suryo Soal Video Syur Diduga Mirip Artis GA
Minggu, 08 November 2020 22:17 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Pemerhati Multimedia dan Telematika, KRMT Roy Suryo angkat bicara soal video syur diduga mirip artis GA yang heboh di dunia maya. Mantan Menpora ini memberikan penjelasan tentang cara uji keaslian terhadap sosok wanita yang ada dalam video tersebut.

"Banyak pertanyaan bagaimana cara melakukan Uji Keaslian terhadap sosok Wanita yang ada dalam Video berdurasi 19 detik yang beredar dengan Artis GA yang disebut-sebut "mirip" di dalamnya. Oleh sebab itu, melalui Deskripsi singkat ini saya sampaikan Analisis yang dilakukan," kata Roy Suryo lewat tulisan yang dikirim ke redaksi Gonews.co Group, Minggu (8/11/2020) malam.

Dijelaskannya, pertama-tama Sampel Wajah dari Video tersebut diperbandingkan dengan Materi yang sudah bisa dipastikan keasliannya sebagai Pembanding dari Artis yang disebut-sebut "mirip" tersebut. Kemudian, dari keduanya dibuat Matrix yang meliputi Perbandingan Bentuk Wajah, Mata, Hidung, Bibir, Jarak masing-masing diantaranya dan sebagainya.

Dalam tulisan itu, Roy Suryo juga mengirimkan empat foto dan menjelaskan secara detail. Berikut penjelasannya.

[Lampiran Foto 1]

Jadi apabila kemarin saya menyatakan bahwa Video 19dtk yg disebut2 "Mirip Artis GA" tsb masih harus diteliti lebih Intensif lagi, karena memang secara ilmiah & scientific tingkat kemiripannya masih dibawah 75%, tepatnya adalah antara 72% sd 74% dgn Software "Face Comparator (Recognizer)".

[Lampiran Foto 2 & Foto 3]

Maka kemarin statemen yg saya sampaikan adalah masih "Hormati Azas Praduga Tidak Bersalah" karena berdasar hasil diatas, sehingga perlu uji Ilmiah lebih lanjut sebelum siap digunakan sebagai Materi yg layak dalam sebuah Kasus Hukum.

Namun uniknya ketika hari ini saya gunakan Software "Face Matcher (Combiner)" utk Wajah Wanita dalam Video 19dtk dan Sample Wajah Artis GA yg diambil dari berbagai SocMednya, maka hasil yg didapat diketemukan Wajah spt terlampir.

[Lampiran Foto 4, Foto 5 dan Foto 6]

Sehingga saat ini saya harus menyampaikan Hipotesis bahwa Video 19dtk tsb sudah siap utk dilakukan Uji lanjut oleh Pihak2 terkait, dalam hal ini Kepolisian Republik Indonesia, agar mendapatkan kejelasan faktual dan kepastian Hukumnya.

Hal ini penting saya sampaikan agar Kasus Video ini segera mendapatkan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut, sesuai dgn UU yg berlaku di Indonesia, apalagi dgn sudah adanya berbagai pihak yg melaporkannya kepada Pihak berwajib & saya siap membantu dgn memberikan Bukti2 Ilmiah Analisis diatas. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/