Home  /  Berita  /  GoNews Group

MPR Dorong Penguatan SDM Lombok Utara

MPR Dorong Penguatan SDM Lombok Utara
Wakil ketua MPR RI, Jazilul Fawaid (kanan) dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR bersama bupati pertama Lombok Utara (periode 2010 – 2015) H. Johan Sjamsu, di Lombok Utara, Selasa (3/11/2020). (foto: istimewa)
Kamis, 05 November 2020 16:32 WIB
JAKARTA - Wakil ketua MPR RI, Jazilul Fawaid berharap Kabupaten Lombok Utara bisa menjadi daerah berkembang dan maju karena memiliki berbagai potensi. Namun, upaya untuk memajukan Lombok Utara harus dibarengi dengan penguatan sumber daya manusia yang mumpuni.

"Syarat menjadikan daerah Lombok Utara berkembang dan maju adalah masyarakatnya harus menjadi manusia yang unggul dan mumpuni," kata Jazilul Fawaid dalam rangkaian acara Sosialisasi Empat Pilar MPR bersama bupati pertama Lombok Utara (periode 2010 – 2015) H. Johan Sjamsu di Lombok Utara, Selasa (3/11/2020).

Dalam pengantarnya, Johan Sjamsu mengungkapkan Kabupaten Lombok Utara adalah kabupaten pemekaran pada tahun 2008 dan mulai resmi secara administratif tahun 2009. Sebelumnya Kabupaten Lombok Utara masih menjadi bagian dari Kabupaten Lombok Barat. Berpenduduk sekitar 250 ribu jiwa, Kabupaten Lombok Utara memiiki potensi sebagai daerah wisata, pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Pada awal pemekaran, tingkat kemiskinan di Kabupaten Lombok Utara cukup tinggi, yaitu 43,1%. Selama lima tahun menjabat sebagai bupati Lombok Utara, Johan Sjamsu berhasil menurunkan tingkat kemiskinan menjadi 9,1%. Meski demikian, Kabupaten Lombok Utara masih menjadi daerah tertinggal satu-satunya di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Untuk mengejar ketertinggalan itu, Jazilul Fawaid mengatakan pemerintah Kabupaten Lombok Utara perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satunya melalui pendidikan.

"Apabila dalam satu keluarga tidak mendapatkan pendidikan atau tidak bersekolah sulit untuk maju. Syarat untuk maju adalah masyarakat Lombok Utara harus menjadi manusia yang unggul," ujar Gus Jazil, sapaan Jazilul Fawaid.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Nasional, GoNews Group
wwwwww