Home  /  Berita  /  GoNews Group

MPR Dorong Perluasan Kerjasama Pertahanan Indonesia-Turki

MPR Dorong Perluasan Kerjasama Pertahanan Indonesia-Turki
Ilustrasi tank produksi FNSS Turki. (gambar: ist./fnss)
Rabu, 04 November 2020 11:23 WIB
JAKARTA - MPR RI berharap penguatan kerjasama di bidang industri pertahanan antara FNSS dengan PT Pindad dapat terus dijaga dan dikembangkan sehingga menjadi pendorong bagi peningkatan kerjasama lainnya.

Hal itu diungkapkan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam kunjungan kerja ke Pusat Industri Strategis FNSS Defence System (sebuah produsen alat pertahanan darat Turki), di Ankara, Turki, Selasa (3/11/2020).

Saat ini, salah satu bentuk kerjasama yang disepakati antara Turki dengan Indonesia adalah pengembangan medium tank yang dikenal dengan Tank Harimau yang memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kondisi lapangan di Indonesia, seperti mampu berada di rawa dan laut, dengan berat sekitar 20-40 ton, dan dilengkapi dengan canon berkaliber 90-105 mm.

Dikutip dari keterangan tertulisnya pada Rabu (4/11/2020), Bamsoet mengatakan, seiring kemajuan teknologi, industri pertahanan juga akan senantiasa berkembang sehingga percepatan penguasaan teknologi pertahanan menjadi sebuah keniscayaan.

Hal itu menurut dia termasuk mencari peluang penggunaan teknologi drone atau pesawat nirawak yang tidak hanya untuk industri pertahanan nasional, namun juga untuk penguatan kegiatan ekonomi lainnya, seperti untuk mendukung food estate, pembangunan desa, pengawasan sektor perikanan dan kelautan serta lainnya.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Politik, Nasional, GoNews Group
wwwwww