Home  /  Berita  /  GoNews Group

Dukcapil Datangi Difabel dan Lansia, Rekam dan Cetak Langsung KTP-el

Dukcapil Datangi Difabel dan Lansia, Rekam dan Cetak Langsung KTP-el
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah dalam sebuah kesempatan. (foto: dok. ist.)
Minggu, 01 November 2020 12:32 WIB
JAKARTA- Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggerakkan sebanyak 442 Dinas Dukcapil kabupaten/kota di 34 provinsi untuk melayani pencetakan dokumen kependudukan masyarakat yang terkendala untuk mendatangi kantor Dukcapil.

Pelayanan yang disebut Jebol (jemput bola) ini, meliputi perekaman data KTP-el, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak, berbagai jenis akta, dan layanan administrasi kependudukan lainnya. Jebol dokumen kependudukan ini, setidaknya melibatkan 2.500 ASN Dukcapil dan telah berlangsung sejak Rabu hingga Sabtu (28-31/10/2020).

"Warga tak perlu datang ke Dukcapil karena sudah ada layanan digital online bagi warga perkotaan. Nah, kali ini kami yang menghampiri masyarakat yang tak mungkin mendatangi kantor Dukcapil lantaran ada keterbatasan, seperti para lansia, jompo, kaum difabel, mereka yang berada di lembaga pemasyarakatan atau tinggal di pelosok terpencil," kata Dirjen Dukcapil ZudanArif Fakrullah dalam pernyataan tertulisnya yang dikutip Minggu (1/11/2020).

Masyarakat, kata Zudan, "langsung mendapatkan dokumen yang dibutuhkan langsung saat itu juga,".

Menurut catatan petugas Dukcapil, selama 4 hari berturut total perekaman KTP-el berjumlah 17.542 jiwa, KTP-el yang dicetak dan dibagikan langsung berjumlah 79.136 keping.

Hari ini, Minggu (1/11/2020), di penghujung libur panjang, Zudan mengaku dirinya masih memberi pengarahan di Dukcapil Nganjuk, Jawa Timur.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Umum, Pemerintahan, Nasional, GoNews Group
wwwwww