Home  /  Berita  /  Ekonomi

Terima Pompeo, Jokowi Minta Perpanjangan GSP

Terima Pompeo, Jokowi Minta Perpanjangan GSP
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (kiri) saat menerima Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo di Istana Bogor, Kamis (29/10/2020). (foto: ist./setpres)
Kamis, 29 Oktober 2020 13:14 WIB
BOGOR -Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Menlu Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo di Istana Bogor, Kamis (29/10/2020) siang.

Laman resmi Kementerian Luar Negeri AS menjelaskan bahwa kunjungan Pompeo ke Indonesia untuk menegaskan visi kedua negara tentang Indo-Pasifik yang bebas terbuka.

Terkait hal ini, Menlu RI Retno Marsudi menuturkan, presiden menyampaikan pada Pompeo bahwa Indonesia menginginkan Amerika sebagai true friend of Indonesia.

"Tapi hal ini tidak bisa take it for granted," ujar Menlu RI Retno Marsudi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (29/10/2020).

Retno melanjutkan, "presiden mengatakan bahwa untuk memelihara kemitraan ini diperlukan upaya yang serius, diperlukan pemahaman satu sama lain dan diperlukan juga upaya untuk mewujudkan kerjasama yang konkret, termasuk di antaranya adalah kerjasama ekonomi,".

Jokowi berharap AS memperpanjang Generalized System of Preferences (GSP) untuk Indonesia. GSP adalah kebijakan perdagangan suatu negara yang memberi pemotongan bea masuk impor.

"Termasuk tentunya harapan terhadap perpanjangan GSP facilities kepada Indonesia," kata Retno.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Ekonomi, Politik, Nasional, Internasional
wwwwww