Home  /  Berita  /  GoNews Group
Asian Online Nation Chess Cup 2020

Susanto dan Medina Raih Emas, Irene Kebagian Perak

Susanto dan Medina Raih Emas, Irene Kebagian Perak
GM Susanto Megaranto
Kamis, 22 Oktober 2020 20:36 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Tiga pecatur utama Indonesia menunjukkan hasil menggembirakan pada pertandingan perorangan Asian Online Nation Chess Cup 2020. Dalam situs resmi federasi catur Asia (https://asianchess.com) disebutkan Indonesia merebut 2 emas dan 1 perak dalam pertandingan yang digelar sejak 10 Oktober lalu.

Dua medali emas disumbangkan GM Susanto Megaranto yang tampil sebagai pemain terbaik papan kedua di regu putra dan IM Medina Warda Aulia sebagai pemain terbaik meja dua di regu putri.

Susanto yang mencetak 6 angka dari 7 babak (5 kali menang dan 2 kali remis) merebut medali emas dengan rating performance 2530. Medali perak direbut GM Rogelio Barcenilla dari Filipina dengan rating performance 2463, dan medali perunggu direbut GM Parham Maghsoodloo dari Iran dengan rating performance 2421.

Sedangkan Medina yang bermain di papan dua mencetak 6,5 angka dari 5 kali menang 3 kali remis dan merebut medali emas dengan rating performance 2306. Medali perak direbut WIM Mobina Alinasab dari Iran dengan rating performance 2288. Perunggu diraih WIM Jan Jodilyn Fronda dari Filipina dengan rating performance 2082.

IM Medina Warda Aulia.

Pecatur putri Indonesia lainnya, IM Irene Kharisma Sukandar meraih medali perak papan 1 dengan rating performance 2296. Irene yang main di meja teratas membukukan 6 poin hasil dari 5 kali menang, 2 kali remis dan sekali kalah. Medali emas meja utama ini direbut WGM Vaishali R dari India dengan rating performance 2364. Perunggu diraih FM Bibisara Assaubayeva dari Kazakhstan dengan rating performance 2294.

"Tim Catur Indonesia meraih 2 emas dan 1 perak cukup menggembirakan. Ini sesuai dengan regulasi, pemberian medali perorangan per papan hanya dilakukan pada tahap 1 atau babak kualifikasi sebanyak sembilan babak," kata Kapten Tak Bermain Tim Catur Indonesia, Kristianus Liem dalam siaran persenya, Kamis (22/10/2020).

IM Irene Kharisma Sukendar.

Babak perempat-final putra maupun putri akan dimainkan bersamaan pada hari Jumat (23/10) mulai pukul 10 waktu Abu Dhabi atau pukul 13 WIB. Tim putra Indonesia berjumpa tim Australia. Di tahap II ini setiap tim akan bermain dua kali menghadapi tim yang sama. Jika lolos ke semi-final tim Indonesia akan menghadapi tim pemenang antara Iran vs Singapura. Di bawah ini tabel sistem gugur beregu putra.

"Pada babak perempat-final hingga final, tidak ada lagi medali perorangan karena sistem pertandingannya juga sudah berubah sehingga tidak memungkinkan lagi terpenuhi dengan standar yang sama," jelas Khristianus Liem. ***

wwwwww