Home  /  Berita  /  GoNews Group

Indonesia Tetap Layani Kegiatan Ekspor dari PLBN Motaain ke Timor Leste

Indonesia Tetap Layani Kegiatan Ekspor dari PLBN Motaain ke Timor Leste
Ilustrasi PLBN Motaain. (Foto: Dok.Ist.)
Rabu, 21 Oktober 2020 14:41 WIB
BELU - Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Suhajar Diantoro menyampaikan, PLBN Motaain tetap melayani ekspor ke Timor Leste, meski di tengah Pandemi Covid-19.

Dalam keterangan tertulis, Rabu (21/10/2020), Suhajar mengatakan, "(ada, red) kegiatan ekspor 50 truk dan tronton yang memuat barang-barang pada minggu lalu, dan pada hari ini truk dan tronton juga mengantre di PLBN Motaain untuk melintas ke wilayah Timor Leste,".

PLBN Motaain, kata Suhajar, telah dilengkapi dengan petugas CIQ. Biasanya, PLBN ini melayani truk yang membawa meubel, alat dapur, semen, kasur, ban, pakaian, air mineral dan hasil pertanian.

Suhajar mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menegaskan bahwa batas negara harus menjadi beranda muka NKRI. PLBN yang telah dibangun oleh Kementerian PUPR dan pengelolaannya diserahkan ke BNPP, saat ini taraf pelayanannya sama dengan perlintasan-perlintasan internasional lainnya seperti di bandara Soekarno-Hatta.

"Inilah yang dimaksudkan Bapak Presiden Jokowi bahwa PLBN bukan hanya tempat untuk mengelola lalu lintas orang, tetapi PLBN adalah pintu gerbang kita untuk menjadi sentra ekonomi barang. Kemudahan-kemudahan yang didapatkan oleh eksportir, pedagang untuk berdagang ke Timor Leste seperti yang kita saksikan ini adalah cita-cita Bapak Presiden. Ini akan terus kita kembangkan, Presiden memerintahkan agar PKSN Paluh-Aruk di Kalimantan, Motaain di Atambua sini, Skouw di Jayapura itu dijadikan model untuk dijadikan sentra baru ekonomi untuk rakyat dapat menikmati kehidupan yang lebih baik," kata Suhajar.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Ekonomi, Pemerintahan, Nasional, GoNews Group
wwwwww