Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Jordi, Elkan dan Yance Absen di Laga Lawan Vietnam
Olahraga
23 jam yang lalu
Jordi, Elkan dan Yance Absen di Laga Lawan Vietnam
2
Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia Road Race Championship 2025
Olahraga
23 jam yang lalu
Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia Road Race Championship 2025
3
Hadiah Ramadan Milo Untuk Suporter Persis Solo
Olahraga
24 jam yang lalu
Hadiah Ramadan Milo Untuk Suporter Persis Solo
4
PSIS Tetap Optimistis Ke Championship Series
Olahraga
24 jam yang lalu
PSIS Tetap Optimistis Ke Championship Series
5
PERBASI Gelar Seleknas untuk Bentuk Timnas Basket 5on5 Putri U-18 di Bali
Olahraga
22 jam yang lalu
PERBASI Gelar Seleknas untuk Bentuk Timnas Basket 5on5 Putri U-18 di Bali
6
Usher Menikah Diam-diam, Kejutkan Keluarga dan Fans
Umum
21 jam yang lalu
Usher Menikah Diam-diam, Kejutkan Keluarga dan Fans
Home  /  Berita  /  Politik

Bamsoet dan Sandiaga Bahas Pengembangan dan Pemberdayaan UMKM Serta Peluang 2024

Bamsoet dan Sandiaga Bahas Pengembangan dan Pemberdayaan UMKM Serta Peluang 2024
Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Sandiaga Uno. (Istimewa)
Minggu, 18 Oktober 2020 22:39 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menilai konsistensi Sandiaga Uno dalam memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) patut ditiru oleh para pengusaha besar lainnya. Walaupun memiliki banyak bisnis besar, Sandiaga Uno sejak dahulu terkenal sangat peduli terhadap UMKM.

"Mas Sandi adalah kawan lama saya di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Saat memimpin HIPMI pada 2005-2008, Mas Sandi berhasil meningkatkan jumlah pengusaha yang tergabung dalam HIPMI dari semula sekitar 25.000 orang menjadi sekitar 35.000 orang. Saat bergabung di Kamar Dagang dan Industri (KADIN), dia juga memilih berkonsentrasi ke UMKM, yakni sebagai Ketua Komite tetap Bidang UMKM KADIN," ujar Bamsoet saat Podcast Ngobras sampai Ngompol (Ngobrol Asyik sampai Ngomong Politik) You Tube Bamsoet Channel bersama Sandiaga Uno di Jakarta, Minggu (18/10/20).

Ketua DPR RI ke-20 ini memaparkan, dalam kepengurusan KADIN periode 2015-2020 yang diketuai Rosan Roeslani, dirinya dan Sandiaga Uno dipercaya mengemban amanah sebagai Wakil Ketua Umum. Sandiaga Uno sebagai Wakil Ketua Umum bidang UMKM, Koperasi, dan Industri Kreatif. Sementara Bamsoet sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Antar Lembaga.

"Dipilih sebagai Wakil Ketua Umum KADIN yang mengurusi UMKM, Koperasi, dan Industri Kreatif, adalah penegasan dari berbagai kalangan dunia usaha terhadap perjuangan Mas Sandi dalam memajukan UMKM. Walaupun akhirnya pada tahun 2016 ia pamit dari KADIN karena ingin fokus dalam pencalonan Wakil Gubernur DKI Jakarta, bukan berarti membuat ia juga mundur dari perjuangan memajukan UMKM," papar Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menjelaskan, saat terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan sebagai Gubernur, Sandiaga Uno mengaplikasikan program kerja OK OCE (One Kecamatan, One Center of Entrepreneurship) sebagai upaya memajukan kewirausahaan terhadap pelaku usaha UMKM. Sekaligus embrio untuk melahirkan semakin banyak pelaku usaha UMKM.

"Menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta tak lantas membuat Mas Sandi berhenti berjuang. Tahun 2018 ia mengundurkan diri dari jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta karena ingin berjuang dalam Pilpres 2019 sebagai Calon Wakil Presiden, mendampingi Pak Prabowo Subianto yang menjadi Calon Presiden. Hal ini ia lakukan bukan karena dirinya oportunis maupun pragmatis, melainkan karena menyadari untuk melakukan perubahan besar terhadap bangsa dan negara, khususnya dalam memajukan UMKM, harus melalui pusat kekuasaan," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menerangkan, tak lagi menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta dan tak terpilih menjadi Wakil Presiden, bukan berarti membuat Sandiaga Uno berhenti berkarya. Bergabung sejak tahun 2015 di Partai Gerindra sebagai Anggota Dewan Pembina, dan kini sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina (2020-2025), Sandiaga Uno masih terus berjuang memajukan UMKM. 

"Bahkan dalam menyoroti UU Cipta Kerja, Mas Sandi selalu fokus kepada UMKM. Kelahiran UU Cipta Kerja salah satunya memang untuk memajukan UMKM. Salah satunya menyederhanakan tata cara dan jenis Perizinan Berusaha dengan sistem pelayanan terpadu satu pintu (Pasal 12 ayat 1 hurup a), serta membebaskan biaya Perizinan Berusaha bagi Usaha Mikro dan memberikan keringanan biaya Perizinan Berusaha bagi Usaha Kecil (Pasal 12 ayat 1 hurup b)," terang Bamsoet.

Wakil Ketua Umum SOKSI ini menambahkan, UU Cipta Kerja juga mewajibkan BUMN, serta usaha besar nasional dan asing menyediakan pembiayaan untuk usaha mikro dan kecil dalam bentuk pemberian pinjaman, penjaminan, hibah, dan pembiayaan lainnya (Pasal 21 ayat 2 dan ayat 3). Sehingga bisa memperkuat kemitraan UMKM dengan BUMN, usaha besar nasional maupun usaha asing.

"Bahkan UU Cipta Kerja juga memberikan banyak kemudahan fasilitas pembiayaan dan insentif fiskal bagi UMKM. Sebagaimana tertera dalam Pasal 92 ayat 1-3. Pada intinya, UMKM yang mengajukan perizinan berusaha diberikan insentif berupa tidak dikenai biaya atau diberi keringanan biaya, hingga diberi insentif pajak penghasilan. Bahkan untuk UMKM berorientasi ekspor, bisa mendapatkan insentif kepabeanan," pungkas Bamsoet.

Seperti apa keseruan obrolan Bamsoet bersama Sandiaga Uno? Apakah akan masuk gelanggang pilpres kembali di 2024? bisa disaksikan selengkapnya di Podcast Ngobras sampai Ngompol di akun Youtube Bamsoet Channel.***

wwwwww