Home  /  Berita  /  GoNews Group

Hari Pangan Sedunia, 132 Juta Orang Diprediksi Kelaparan hingga Akhir 2020

Hari Pangan Sedunia, 132 Juta Orang Diprediksi Kelaparan hingga Akhir 2020
Ilustrasi. (Gambar: Ist. via Sekolah Relawan)
Jum'at, 16 Oktober 2020 10:06 WIB
JAKARTA - Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) menyatakan, pandemi Covid-19 telah menunjukkan bahwa sistem pangan dan pertanian global, masih rapuh sehingga turut memicu resesi ekonomi dunia.

Dan akibat resesi ekonomi itu, setidaknya 132 juta orang di dunia diprediksi menderita kelaparan sampai akhir tahun ini.

Bahkan sebelum pandemi, kata FAO, lebih dari dua miliar orang tidak memiliki akses yang tetap untuk makanan yang aman dan bergizi.

Perwakilan FAO di Indonesia, Victor Mol mengatakan, pandemi memang menambah kekhawatiran baru di area pangan dan pertanian. Namun di saat yang sama, pandemi COVID-19 juga memberikan kesempatan untuk membangun kembali sistem pangan dan pertanian.

"Lebih dari sebelumnya, kita membutuhkan inovasi dan kemitraan yang kuat. Setiap orang memiliki peran untuk dilakukan mulai dari pemerintah, swasta hingga individu untuk memastikan makanan sehat dan bergizi tersedia untuk semua," kata Victor di Jakarta, Jumat (16/10/2020) seperti dilansir Antara.

Ads

Di momentum Hari Pangan Sedunia yang bertepatan 16 Oktober 2020, hari ini, dan tema besar "Tumbuhkan, Pelihara, Lestarikan Bersama. Tindakan kita adalah Masa Depan kita", FAO Indonesia juga mengadakan serangkaian kegiatan di bulan Oktober bertajuk "Food Heroes Festival" yang berpusat pada kegiatan-kegiatan virtual.

Sebagai tambahan informasi, FAO adalah organisasi yang lebih tua dari PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa). FAO yang didirikan pada 16 Oktober 1945, tepat berusia 75 tahun hari ini.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Ekonomi, Politik, Nasional, Internasional, Kesehatan, GoNews Group
wwwwww