Home  /  Berita  /  Politik

Minus Satu Paslon, KPU Bukittinggi Gelar Deklarasi Kampanye Damai

Minus Satu Paslon, KPU Bukittinggi Gelar Deklarasi Kampanye Damai
Deklarasi Kampanye Damai Pilwako Bukittinggi 2020.
Kamis, 15 Oktober 2020 14:36 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi menggelar deklarasi kampanye damai serta deklarasi penandatanganan pakta integritas penerapan protokol pencegahan covid-19 di Aula Ballroom Grand Royal Denai di Bukittinggi, Rabu 14 Oktober 2020.

Acara deklarasi kampanye damai ini dihadiri dua pasangan calon (paslon) kepala daerah, Forkopimda serta perwakilan Bawaslu kota Bukittinggi. Dua paslon kepala daerah yang hadir diantaranya paslon nomor urut 1 Ramlan Nurmatias - Syahrizal dan paslon nomor urut 3 Irwandi - David. Sementara paslon nomor urut 2 Erman Safar-Marfendi berhalangan hadir, namun diwakili oleh Tim Pemenangannya.

Dalam acara tersebut, Ketua KPU Bukittinggi, Heldo Aura, menyampaikan, agenda deklarasi kampanye damai diselenggarakan dalam rangka wujud tahapan sosialisasi untuk mendukung kampanye yang nyaman, tanpa ada benturan antar pasangan calon dan tim, ujarnya.

Menurut Heldo, deklarasi ini bertujuan untuk terciptanya komitmen bersama agar pesta demokrasi tahun ini berlangsung damai dan kondusif di kota Bukittinggi. Dalam kampanye selayaknya para paslon menyampaikan gagasan yang positif dan membangun demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kota Bukittinggi.

Heldo juga menambahkan bahwa paslon nomor 2 berhalangan hadir, Cawako Erman Safar beralasan ada kegiatan kampanye yang telah terjadwal, sedangkan cawawako Marfendi juga meminta izin, karena sedang dalam kondisi yang kurang sehat.

“Namun demikian, tidak ada keharusan dan sanksi bagi pasangan tidak hadir dalam kesempatan ini, hanya saja pihak KPU menyayangkan paslon nomor urut dua tidak dapat hadir. Hal ini tentu menjadi tanda tanya oleh para pihak,” kata Heldo.

Terpisah, menanggapi ketidakhadiran dalam kampaye damai paslon nomor 2, Erman Safar mengatakan, kami sangat menerima dan mengucapkan terimaksih sebesar-besarnya pada KPU kota Bukittinggi yang telah menjadi fasilitator dan menyatakan sikap yang sama bahwa pilwako Bukittinggi harus kita jalankan dengan cara-cara sehat, damai dan badunsanak, ungkapnya.

Erman juga menuturkan, terkait ketidakhadiran kami pada kegiatan deklarasi tadi, pertama kami mohon maaf, bahwa memang ada agenda yang tidak bisa ditunda, dan telah dijadwalkan jauh hari sebelumnya.

Sehingga memang begitu sulit untuk kami tinggalkan, karena telah diagenda sejak seminggu yang lalu. Namun demikian, undangan deklarasi tadi, TIM Erman-Marfendi yang hadir mewakili diacara tersebut.Pada prinsipnya kami (Errman-Marfendi) sangat menyepakati dan sangat menerima hal-hal atau ketentuan yang telah dideklarasikan tersebut, ungkapnya.

Terlebih mengenai masalah kesehatan, Insya Allah kami juga sangat mendukung rangkaian agenda Pilkawo kota Bukittinggi harus mengedepankan standart protokol kesehatan di masa pandemi ini. Kami begitu mengharapkan bahwa kesehatan warga kota Bukittinggi adalah yang utama diatas segala-galanya, untuk itu sejak awal pandemi kami telah kami sosialisasikan tentang pola hidup sehat, dengan cara menyemprotkan desinfektan diseluruh lingkungan warga kota, berbagi masker dan Handzanitaizer dan beberapa program lain, tutur Erman Safar.

Tentu semua itu adalah bentuk sikap nyata kami bahwa kami meyakini dan ingin memastikan bahwa kesehatan warga yang paling utama, pungkas Erman. (**)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/