Home  /  Berita  /  Hukum

Sempat Dikabarkan Hilang, Ponco, Jurnalis "Merahputih" Ternyata Ditangkap Polisi

Sempat Dikabarkan Hilang, Ponco, Jurnalis Merahputih Ternyata Ditangkap Polisi
Jurnalis Merahputih.com saat breada di tahanan Polda Metro
Jum'at, 09 Oktober 2020 13:27 WIB
JAKARTA - Jurnalis Merahputih.com, Ponco Sulaksono, yang meliput demonstrasi menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di Jakarta Pusat, sempat tidak diketahui keberadaannya hingga Kamis (8/10) malam.

Kini, dia dikabarkan berada di Markas Polda Metro Jaya setelah ditangkap aparat kepolisian saat bertugas meliput demonstrasi.

Pengacara publik dari Lembaga Bantuan Hukum Pers, Ahmad Fathanah mengatakan timnya mengetahui keberadaan Ponco di Mapolda pada Jumat (9/10) dini hari. Namun dia tak mengetahui detail detik-detik penangkapan Ponco saat sedang bertugas meliput.

"Ada mobil tahanan datang ke Polda Metro jam 01.30 dari Monas. Tim pendamping hukum tadi sempat lihat Ponco. Terus ada temennya, Aldi, wartawan Radar Depok merekam pas Ponco turun dari mobil tahanan. Mereka chaos sama polisi berjaga di sana, terus Aldi ikutan ditangkap juga," kata Ahmad, Jumat.

Ads

Ahmad mengatakan pihak LBH Pers belum diberikan akses untuk memberikan pendampingan hukum kepada Ponco. Menurutnya, saat ini polisi masih melakukan pendataan.

Pihak redaksi Merahputih.com menjelaskan bahwa Ponco memang bertugas meliput demonstrasi penolakan UU Omnibus Law di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat. Namun keberadaannya tak diketahui hingga Kamis (8/10) malam pukul 23.30 WIB.

"Terakhir, Ponco Sulaksono mengirim berita melaporkan situasi demo penolakan UU Omnibus Law di kawasan Gambir ke redaksi 15.14 WIB," tulis keterangan dalam siaran pers yang diterbitkan Merahputih.com.

Saat terjadi bentrokan antara massa aksi dengan aparat pada Kamis sore, beberapa saksi menyebutkan bahwa Ponco diamankan saat berada di Gambir.

Tim redaksi Merahputih.com sempat mencari informasi ke beberapa titik mulai Polsek Gambir, Polres Jakarta Pusat dan Polda Metro Jaya. Beberapa rekan jaringan wartawan di lapangan juga ikut menyisir sejumlah rumah sakit di sekitar Gambir.

Mereka juga berkoordinasi dengan LBH Pers Jakarta untuk mencari keberadaan Ponco, jurnalis yang bisa meliput bidang hukum ini.***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:CNNIndonesia.com
Kategori:Peristiwa, Hukum
wwwwww