Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Komisi Informasi Sumbar Lakukan Penilaian Informasi Publik di Bukittinggi

Komisi Informasi Sumbar Lakukan Penilaian Informasi Publik di Bukittinggi
Kamis, 08 Oktober 2020 16:52 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan visitasi ke Kota Bukittinggi terkait penilaian keterbukaan informasi publik, Kamis 8 Oktober 2020.

Kegiatan berupa monitoring dan evaluasi (monev) layanan informasi publik ini, dipimpin Ketua Tim Penilai yang juga Komisioner KI Provinsi Sumbar, Adrian Tuswandi dan Arif Yumardi serta Staff Verifikator KI Sumbar, Kiki Eko Saputra yang diterima oleh Kepala Dinas Kominfo Bukittinggi, dan Staf Diskominfo Bukittinggi.

Tim Visitasi KI Sumbar diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bukittinggi, Novri beserta jajaran di ruang Komin Center Bukittinggi.

Salah seorang anggota Tim Visitasi KI Sumbar untuk penilaian Kota Bukittinggi, Adrian Tuswandi dalam kesempatan itu juga mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka Pemeringkatan Badan Publik Tahun 2020 sebagai amanat Undang Undang Nomor: 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Ads

Menurutnya, Diskominfo Bukittinggi masuk salah satu nominasi dari lima kota /kabupaten pemberian informasi publik di Sumatera Barat. Pemeringkatan bertujuan meningkatkan pengelolaan dan pelayanan KIP di lingkungan badan publik, ujarnya.

Kepala Diskominfo Bukittinggi, Novri menuturkan, kehadiran Tim Penilai dari KI Sumbar ini diharapkan dapat memberikan masukan, saran serta dorongan kepada Pemko Bukittinggi khususnya Diskominfo dalam penyelenggaraan keterbukaan informasi publik. Selain itu, untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan website PPID sebagai pusat informasi publik.

“Indikator penilaian keterbukaan badan publik tidak sebatas seremonial evaluasi, tetapi KI menilai dan memantau seluruh aspek. Kita saat ini masuk salah satu nominasi diantara 5 kota dan kabupaten lainnya di Sumbar. Harapan kita tahun ini Pemko Bukittinggi mencapai predikat informatif. Karena tahun lalu Bukittinggi hanya menempati predikat menuju informatif,” tandasnya.(**)

wwwwww