Home  /  Berita  /  GoNews Group

Dukcapil Tetap Buka Layanan Adminduk di Hari Pencoblosan Pilkada 2020

Dukcapil Tetap Buka Layanan Adminduk di Hari Pencoblosan Pilkada 2020
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrullah dalam banner sebuah acara edukasi pentingnya Adminduk yang berlangsung Rabu (7/10/2020). (Gambar: Ist.)
Kamis, 08 Oktober 2020 15:35 WIB
JAKARTA - Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, menyatakan pihaknya siap menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Secara teknis, semua Dinas Dukcapil daerah bisa melayani masyarakat yang datang untuk merekam data KTP-el.

Zudan mengakui, memang ada sedikit kendala di masa pandemi Covid-19 ini. Penduduk yang datang hendak merekam data mereka jauh berkurang. Sementara perekaman data KTP-el menuntut kehadiran fisik warga di hadapan petugas.

"Meski petugas sudah mengikuti prosedur standar pencegahan Covid, melengkapi diri dengan masker dan face shield serta sarung tangan, warga membatasi diri bila tidak sangat urgent," kata Zudan tertulis, Kamis (8/10/2020).

"Dibanding tahun lalu jumlah warga yang merekam data KTP-el hanya separuhnya. Berbeda jauh dengan tahun lalu saat mau Pileg dan Pilpres, tingkat perekaman saat itu naik tinggi sekali," terang Zudan.

Oleh karenanya, kata Zudan, Dukcapil telah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya memiliki KTP-el untuk mencoblos saat Pilkada.

Ads

"Kami juga menerapkan protokol Covid-19, warga yang datang tak usah kahwatir petugasnya menggunakan sarung tangan, masker, face shield, sering cuci tangan atau memakai hand sanitizer," kata Zudan.

Dirjen Zudan menyampaikan, para punggawa Dukcapil tetap melayani masyarakat termasuk saat Hari-H pencoblosan, yakni Rabu, tanggal 9 Desember 2020.

"Di daerah yang menggelar Pilkada, Disdukcapil setempat tetap buka kantor melayani masyarakat yang mungkin kehilangan KTP untuk dicetak kembali untuk bisa mencoblos," kata dia.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Pemerintahan, Politik, Nasional, GoNews Group
wwwwww