Home  /  Berita  /  GoNews Group

Dukcapil Kejar Penyelesaian Target Kinerja sesuai Stranas

Dukcapil Kejar Penyelesaian Target Kinerja sesuai Stranas
Foto: Ist./Puspen Kemendagri
Selasa, 06 Oktober 2020 15:32 WIB
JAKARTA - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, mengajak para pejabat Dukcapil tetap produktif meskipun di tengah mewabahya Covid-19. Target kinerja administrasi kependudukan, harus tercapai.

"Di dalam RPJM Nasional, kemudian Stranas dan Rencana Strategis (Renstra) Kemendagri, target kinerja yang harus dipenuhi oleh Ditjen Dukcapil adalah perekaman KTP-El 98% di tingkat nasional sudah tercapai, tetapi di Kabupaten/Kota banyak yang belum tercapai, kartu identitas anak 20%, akta kelahiran 92%, dan pemanfaatan data kependudukan," kata Zudan, Selasa (6/10/2020).

Hal tersebut disampaikan Zudan dalam Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Rapat ini, akan berlangsung hingga esok, 7 Oktober 2020.

Di hadapan Mendagri, Zudan menegaskan komitmen Dukcapil untuk mencapai target kinerja yang telah ditetapkan.

"Kami semua di hadapan Bapak siap menerima arahan Bapak," kata Zudan.

Ads

Untuk diketahui, salah satu tugas besar Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri yang dimuat dalam Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2019 adalah mewujudkan sistem integriter data kependudukan.

Di dalam Strategi Nasional (Stranas) juga disebutkan bahwa dari tahun 2019 - 2024 Kemendagri melalui Ditjen Dukcapil wajib mengintegrasikan semua pelayanan publik melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK).***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Pemerintahan, Nasional, GoNews Group
wwwwww