Home  /  Berita  /  GoNews Group

Kemendag Gandeng Facebook dukung Program 'Bangga Buatan Indonesia'

Kemendag Gandeng Facebook dukung Program Bangga Buatan Indonesia
Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto. (Foto: Dok. Ist.)
Sabtu, 03 Oktober 2020 19:32 WIB
JAKARTA - Kementerian Perdagangan berkolaborasi dengan Facebook dalam upaya mendukung pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bertahan di tengah pandemi dengan mengoptimasi peran media sosial.

Kolaborasi tersebut berupa rangkaian kegiatan edukasi, diskusi, hingga festival belanja yang berlangsung pada Oktober hingga Januari 2021.

Kolaborasi ini juga merupakan dukungan nyata pada program 'Bangga Buatan Indonesia' yang diharap bisa meningkatkan perputaran uang di dalam negeri.

Sebagai langkah awal kolaborasi, Kemendag dan Facebook menyelenggarakan pelatihan virtual Akademi Instagram. Selain akademi Instagram, terdapat 9 kegiatan lainnya yang meliputi, dua sesi pelatihan virtual Optimalisasi Sosial Media untuk pegawai Kemendag, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dan Atase Perdagangan.

Ada pula kelas pelatihan dasar bagi UMKM lokal untuk go digital di masa adaptasi kebiasaan baru dengan memanfaatkan Facebook dan Instagram dalam berbisnis, serta sesi bincang bisnis inspiratif bersama Kemendag, perwakilan Facebook Companies dan seorang figur publik pengusaha.

Selain itu, akan dilakukan juga kelas pelatihan lanjutan seputar fitur Facebook dan Instagram Shops, Masterclass Facebook sebagai wadah diskusi dan saling berbagi inspirasi antara sesama pelaku UMKM di Facebook Indonesia Page, serta bazar virtual yang ditayangkan secara langsung (live) di Instagram.

Progam lainnya antara lain pelatihan Facebook Laju Digital bagi alumni Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI), serta Kolaborasi program #SheMeansBusiness dari Facebook, bersama Kemendag dan Femina untuk mengadakan pelatihan dan bincang-bincang virtual (virtual talk) bagi para perempuan wirausaha Indonesia.

"Melalui kolaborasi ini, para pelaku UMKM lokal diharapkan akan memiliki keahlian dan wawasan baru untuk bertahan, bertumbuh, bahkan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dengan bantuan platform daring seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp," ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (3/10/2020).***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Ekonomi, Pemerintahan, Nasional, GoNews Group
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/