Home  /  Berita  /  Kesehatan

Dokter Larang Oleskan Minyak Kayu Putih pada Masker, Ini Penjelasannya

Dokter Larang Oleskan Minyak Kayu Putih pada Masker, Ini Penjelasannya
Ilustrasi memakai masker. (beutynesia.id)
Sabtu, 26 September 2020 10:52 WIB

JAKARTA - Banyak orang merasa tidak nyaman dengan aroma masker yang dipakainya, kemudian mencoba mengatasinya dengan mengoleskan minyak kayu putih.

Apakah upaya mengoleskan minyak kayu putih pada masker tersebut sudah tepat?

Dikutip dari Okezone.com, dokter spesialis penyakit dalam dr Indah Fitriani, SpPD, mengingatkan, cara tersebut sebaiknya dihindarkan.

''Ketika permukaan masker basah karena penyebab apapun, harus langsung diganti. Ini pemahaman yang harus disadari masyarakat,'' tegas dr Indah melalui pesan singkat, Jumat (25/9/2020).

Ads

Dokter Indah menjelaskan, ketika masker basah, berarti barier masker rusak dan masker tidak efektif lagi menghalangi virus.

''Jadi, ketika masker itu basah, pori-porinya rusak dan yang terjadi, virus malah masuk, terhirup saat Anda bernapas,'' ujarnya.

Karena itu, sambungnya, pastikan masker yang Anda kenakan selalu kering dan segera ganti jika masker sudah basah atau lembap. Sebab, setelah lembap masker sudah tidak lagi efektif menangkal virus.

''Ingat, meski Anda meneteskan sedikit minyak kayu putih ke masker, itu tidak boleh. Masker tidak efektif lagi setelah Anda melakukan tindakan tersebut,'' terang Indah.***

Editor:hasan b
Sumber:okezone.com
Kategori:Kesehatan
wwwwww