Home  /  Berita  /  GoNews Group

PSSI Maklumi Penundaan Pelaksanaan Piala AFC U 19 dan U 16

PSSI Maklumi Penundaan Pelaksanaan Piala AFC U 19 dan U 16
Sabtu, 12 September 2020 15:13 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) resmi menunda pelaksanaan Piala AFC U-19 dan U-16 yang semula digelar Oktober dan November 2020 menjadi awal tahun 2021. Penundaan itu diumumkan AFC setelah menggelar rapat virtual Komite Eksekutif pada Kamis (10/9/2020).

Menanggapi hal ini Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa PSSI menghargai dan menghormati keputusan AFC. Apalagi, saat ini pandemi Covid-19 masih belum berakhir di hampir seluruh negara. 

“PSSI mendukung keputusan AFC terkait penundaan Piala AFC U-19 dan U-16 tahun ini. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia,” kata Iriawan.

Iriawan menambahkan bahwa PSSI sudah menyiapkan timnas U-19 untuk langsung melanjutkan pemusatan latihan (TC) usai dari Kroasia.  

“Dengan penundaan Piala AFC U-19 ini, maka timnas U-19 yang saat ini di Kroasia  akan melanjutkan TC di Turki pada Oktober mendatang.  Selain itu, kami ada alternatif TC di Spanyol atau Portugal. Saat ini, kami sudah mendapat persetujuan dari Federasi Turki untuk melanjutkan TC di sana," tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut. 

Dalam rilis AFC, mereka menyadari pandemi Covid-19 akan mempengaruhi kemampuan untuk menyelenggarakan beberapa turnamen itu. “Komite Eksekutif AFC menyadari bahwa pandemi telah mempengaruhi kemampuan AFC untuk menyelenggarakan kompetisi. Dengan pemikiran ini dan dengan mempertimbangkan kebutuhan untuk memprioritaskan kesejahteraan para pemain muda, serta tantangan perjalanan dan kesehatan, Kejuaraan AFC U-16 dan AFC U-19, yang dijadwalkan untuk Bahrain dan Uzbekistan, telah ditunda hingga awal tahun 2021,” tulis AFC dalam rilisnya.

Awalnya Piala AFC U-16 akan berlangsung pada pada tanggal 25 November hingga 12 Desember 2020 di Bahrain. Sementara itu, untuk Piala AFC U-19 akan berlaga di ajang ini pada 14 hingga 31 Oktober 2020 mendatang di Uzbekistan.

Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, mengatakan, “Ini adalah masa-masa sulit bagi semua orang yang berhubungan dengan sepak bola - dan olahraga secara umum. Kami mengambil langkah-langkah untuk memastikan kesejahteraan finansial AFC dan anggota kami.

“Saya yakin bahwa dengan persatuan dan solidaritas yang membuat AFC dikagumi di seluruh sepak bola, kami dapat mengatasi tantangan terbaru ini,” sambungnya. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77