Home  /  Berita  /  Padang

Pemkot Serahkan Bantuan Alat Pertanian untuk Kelompok Tani di Padang

Pemkot Serahkan Bantuan Alat Pertanian untuk Kelompok Tani di Padang
Wali Kota Padang Mahyeldi (tiga dari kanan), Anggota Komisi IV DPR Hermanto (dua dari kanan), Kepala Dinas Pertanian Padang Syahrial Kamat (kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan untuk kelompok tani. ANTARA/HO-Humas Pemkot Padang
Sabtu, 12 September 2020 07:00 WIB
PADANG - Pemerintah Kota Padang menyerahkan bantuan kepada kelompok tani di Kota Padang mulai dari unit pengelola pupuk, alat mesin pertanian, sapi hingga rehabilitasi irigasi yang diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Padang Mahyeldi di Kantor Dinas Pertanian Kota Padang, pada Jumat.

Wali Kota Padang Mahyeldi atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan terima kasih kepada anggota Komisi VIII DPR RI Hermanto dan Anggota DPRD Kota Padang yang telah memberikan dana pokok pikiran untuk Kelompok Tani di Kota Padang.

Bantuan yang diberikan berupa Unit Pengelola Pupuk Organik (UPPO), alat mesin pertanian, Bangunan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier, Badan Hukum LKMA, bantuan sapi dan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Bantuan yang diberikan berasal dari dana Pokok Pikiran (Pokir) anggota Komisi VIII DPR RI Hermanto, Anggota DPRD Kota Padang Zulhardi Zakaria Latif dan Dasman, dan Pemerintah Kota Padang.

"Kepada kelompok tani penerima bantuan diharapkan dapat merawat dan menjaga bantuan yang telah diberikan tersebut agar dapat digunakan untuk jangka panjang," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat mengatakan bantuan yang diberikan dari Anggota Komisi VIII DPR RI Hermanto berupa bantuan Unit Pengolahan Pupuk Organik senilai Rp200 Juta, yang diberikan kepada Kelompok Tani Harapan Maju, Koto Marapak dan Sumber Makmur.

Kemudian, Alat Mesin Pertanian berupa 8 traktor, rice transplanter (alat penanam benih padi), 2 unit cultivator (mesin pertanian mengolah tanah sekunder), 4 pompa air dan combine (mesin pemanen padi) tipe kecil yang diberikan kepada 11 kelompok tani, diantaranya, Rizki Makmur, Basuang Sepakat II, Budi Sepakat, Hidayah dan Brigade Alsin.

Selanjutnya, bantuan program Pekarangan Lestari senilai Rp60 juta yang diberikan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Annisa Sakinah dan Ikhwatunnisa.

Sementara dari Anggota DPRD Kota Padang Zulhardi Latif memberikan bantuan berupa Bangunan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier yang diberikan kepada Kelompok Tani Baguno, Kuranji.

Pemerintah Kota Padang bersama Anggota DPRD Kota Padang Dasman juga memberikan bantuan 11 ekor sapi bali, yang diberikan kepada kelompok Tani Kampung Chaniago, 20 ekor sapi dari Anggota DPR RI untuk Kelompok Tani Lapau Manunggu.

Sedangkan Pemko Padang juga memberikan Bantuan Badan Hukum Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) sebanyak 4 buah dengan bentuk Badan Penerima Koperasi Jasa Lembaga Keuangan Agribisnis yang diberikan kepada LKMA Batu Gadang, LKMA Sepakat, LKMA Maju Bersama dan LKMA Padang Sarai. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Pemerintahan, Sumatera Barat, Padang
wwwwww