Home  /  Berita  /  Politik

Masuk 10 Destinasi Wisata Nasional, Gus Jazil: Wakatobi Miniatur NKRI

Masuk 10 Destinasi Wisata Nasional, Gus Jazil: Wakatobi Miniatur NKRI
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid saat memberikan Sosialisasi 4 Pilar di Wakatobi. (Dok. Humas MPR)
Sabtu, 12 September 2020 20:06 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy

WAKATOBI - Setalah Kendari dan Konawe Selatan, hari kedua kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Tenggara, Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid memberikan materi Sosialisasi Empat Pilar MPR di Kabupaten Wakatobi.

Dalam pemaparanya, Jazilul Fawaid mengaku bangga dan senang bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Wakatobi. "Ini pertama kalinya saya datang ke Wakatobi, saya senang dan bangga bisa bertemu bapak-ibu," ujar Gus Jazil, Sabtu (12/9/2020) di Museum Kebudayaan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Dipilihnya Wakatobi sebagai tujuan kunjungan kerja kata Pria yang akrab disapa Gus Jazil itu. Karena dirinya ingin melihat langsung Kabupaten yang masuk dalam 10 destinasi wiasata Nasional itu.

"Sebagai wilayah yang masuk 10 destinasi wisata nasional, masyarakat Wakatobi perlu dikuatkan Ideologinya. Jangan sampai kotanya maju, wilayahnya maju tapi budaya masyarakatnya keropos, ini jangan sampai terjadi," tandasnya.

Untuk itu kata Gus Jazil, warga Wakatobi harus diajak tetap menjaga kerukunan, menjaga ideologi Pancasila dan menjaga keutuhan NKRI dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

"Saya yakin, warga masyarakat Wakatobi bisa menjaga kerukunan antar umat beragama maupun suku dan adat. Karena Wakatobi yang terdiri dari pulau-pulau sudah membuktikan bisa bersatu," ujarnya.

Bahkan, Wakatobi kata Koordinator Nasional Nusantara Mengaji itu, Ia sebut sebagai miniaturnya NKRI. "Wakatobi itu kan kabupaten baru yang terbentuk dari semangat kebersamaan antara warga pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Jadi masyarakat di sini sudah menjadikan miniatur NKRI," tandasnya.

Wakatobi lanjut Gus Jazil, menjadi tempat yang legendaris untuk wisata bawah air. Tradisi budaya masyarakat sekitar juga memperkaya pesona kepulauan ini. "Sekali lagi, Wakatobi adalah NKRI sesungguhnya. Bisa dibentuk tidak terlepas dari bhineka tunggal ika. Meski masyarakatnya berbeda suku dan agama tapi bisa tetap bersatu hinga terbentuk kabupaten," tegasnya.

Politisi PKB ini juga berharap, dengan kekayaan alam dan objek wisata yang luar biasa. Bupati Wakatobi harus terus mempromosikan daerahnya hingga ke tingkat internasional.

"Meski suasana pandemi, saya minta pak Bupati jangan berhenti promosi. Kemudian saya lihat, sejumlah infrastruktur sudah bagus. Jalan dan Bandara juga sudah bagus, tinggal bagaimana pemda bisa menyiapkan fasilitas seperti hotel, bungalow yang agak moderen dan lebih bagus lagi," tukasnya.

"Saya juga mengapresiasi rencana Pak Bupati membangun jembatan untuk menyambungkan pulau Wangi-wangi. Jika nanti terealisasi, saya yakin wakatobi akan lebih maju dan banyak pengunjungnya," pungkasnya.***

wwwwww