Home  /  Berita  /  Sumatera Barat

8 Tahun GoRiau.com dan Semangat Berkarya di Tengah Ketatnya Persaingan Media Digital

Dirgahayu GoRiau.com
Rabu, 09 September 2020 12:54 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Genap delapan tahun berkiprah menjadi media online lokal di Provinsi Riau, sejumlah harapan disematkan agar GoRiau.com terus semangat berkarya di tengah ketatnya persaingan media digital saat ini.

"Selamat Ulang Tahun GoRiau.com, semoga selalu terdepan dalam menyajikan berita aktual, cepat, kritis dan mencerahkan. Semoga GoRiau.com dan GoNews Group terus menjadi referensi informasi yang inspiratif dan memperkuat optimisme," ujar Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid, Rabu (9/9/2020).

Wakil Ketua DPP PKB itu juga berharap, GoNews Group bisa tetap eksis di tengah persaingan bisnis media digital. "Saya berdoa, semoga GoNews Group, khususnya GoRiau.com tambah lebih maju dan tahan banting di usia yang ke delapan ini," ujar pria yang akrab disapa Gus Jazil itu.

Harapan dan doa juga diberikan politisi PKS, Anis Byarwati. "Selamat ulang tahun GoRiau.com, tambah sukses dan maju, terimakasih juga, karena selama ini GoNews Group telah ikut membantu perjuangan saya melalui pemberitaan-pemberitaannya," ujar Anggota Komisi XI DPR ini.

Ucapan selamat juga datang dari Wasekjen DPP PAN Irvan Herman. Politikus asal Riau itu mendoakan GoRiau.com selalu menjadi media yang jujur, kritis serta menjadi media nomor satu di Riau. "Selamat ultah GoRiau.com, semoga ke depan menjadi media nomor satu di Bumi Lancang Kuning," ujar Irvan melalui pesan Whatsapp.

Demikian juga dengan Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Mohammad Toha. "Tahniah untuk GoRiau.com, semoga semakin sukses, tetap menjadi media yang independen," tukasnya.

Mantan Anggota Komisi X DPR, Anang Hermansyah juga mengucapkan tahniah ke delapan tahun GoRiau.com. Ia juga mendoakan agar GoRiau.com selalu di hati dan menjadi sumber berita tepercaya.

"Selamat ulang tahun GoRiau. Selalu jadi portal online yang dipercaya pembaca," ujarnya.

Delapan tahun lalu, GoRiau.com lahir. Tepatnya pada tanggal 8 September 2012 yang bergerak di tengah gelombang transformasi teknologi yang mengubah wajah industri media. Seleksi alam terhadap industri media pun tampak begitu kejam. Ada yang mati, ada yang sekarat, ada juga yang tetap tumbuh dan terus bertahan, melawan angin kencang yang menghantam.

Dunia tanpa media seperti laut tanpa pantai. Seperti siang tanpa malam. Media tanpa transformasi dan inovasi seperti pungguk merindukan bulan. Seperti sebuah supernova.

Media kini tidak hanya menjadi anjing penjaga, tapi juga sumber inspirasi, penuntun nilai-nilai luhur kemanusiaan, dan teman demokrasi terbaik. GoRiau.com terus berupaya menjaga peran-peran ini. GoRiau.com pun kini telah mengembangkan sayap dengan melahirkan media-media baru dalam bingkai GoNews Group.

GoRiau.com Merangkak dari Bawah

Hermanto Ansam tidak serta merta langsung membawa GoRiau.com dalam posisi yang tinggi setelah online untuk pertama kali pada 8 September 2012. Prosesnya sangat berliku-liku.

Di awal berdirinya GoRiau.com, mantan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) selama 3 periode ini, dipandang sebelah mata bahkan dicemooh, oleh pihak yang meragukan kemampuan jurnalistik dan talenta bisnisnya.

Namun, pria gila kerja ini membuat mulut-mulut 'usil' terdiam tatkala GoRiau.com dijadikan rujukan utama oleh para politisi dan pengamat politik sebagai media paling cepat memberitakan hasil hitung cepat Pemilihan Gubernur Riau pada tahun 2013. Semua peristiwa politik saat itu dikemasnya menjadi berita yang ringan dan menarik.

"Popularitas GoRiau.com mungkin diuntungkan oleh momen Pilkada Provinsi Riau di tahun itu. Saya waktu itu masih bekerja sendiri. Soalnya wartawan yang coba saya ajak hampir semua menolak bergabung. Mungkin karena mereka menganggap GoRiau.com nggak memiliki investor yang punya nama besar dan hanya iseng-iseng atau sekadar mempertahankan status kewartawanan saja," kata dia, dalam sebuah perbincangan, dengan portal online Potretnews.com.

Hermanto mengaku, menjalani satu pekerjaan yang belum menuai hasil apalagi kantor permanen (saat ini GoRiau.com telah berkantor di kawasan elite, red), memang membutuhkan kesabaran dan perjuangan hebat.

"Di tengah kegalauan karena nggak punya wartawan, nggak ada kantor dan minus iklan, saya tetap berpikir positif dan sederhana bahwa setiap pekerjaan yang kita cintai dan kita lakukan secara serius, cepat atau lambat akan membuahkan hasil," tuturnya.

Dan tak disangka, kini GoRiau.com menjadi besar dan telah lahir sebagai grup media online terbesar di luar Jawa. Saat ni Hermanto memimpin paling tidak, lima media online yaitu GoRiau.com Pekanbaru, GoAceh.co (di Lhokseumawe, Aceh), GoSumut.com (di Medan, Sumatera Utara), GoSumbar.com (di Padang, Sumatera Barat) dan GoNews.co di Jakarta.

Menjunjung tinggi kepentingan publik, menjaga keseimbangan kehidupan berbangsa, menjadi ujung tombak demokrasi, dan tetap independen, adalah cita-cita Pendiri GoNews Group, Hermanto Ansam.***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77