Home  /  Berita  /  Padang

Anggota DPRD Padang Jadikan Reses Sebagai Arena Sosialisasi COVID-19

Anggota DPRD Padang Jadikan Reses Sebagai Arena Sosialisasi COVID-19
Anggota DPRD Padang Edmon (dua dari kanan) melaksanakan reses dan menyosialisasikan upaya pencegahan COVID-19 kepada masyarakat. (Antara/Ikhwan Wahyudi)
Senin, 07 September 2020 19:12 WIB
PADANG - Anggota DPRD Kota Padang Edmon menjadikan kegiatan reses masa sidang III 2020 sebagai arena sosialisasi protokol Corona Virus Disease (COVID-19) dan upaya pencegahan selain menghimpun aspirasi masyarakat di daerah pemilihan ibu kota Provinsi Sumatera Barat itu.

"Kendati saat ini Padang berada di zona merah namun ini momen yang tepat untuk menyosialisasikan protokol kesehatan dan menghimpun aspirasi warga," kata Edmon di Padang, Senin.

Dalam reses yang dilaksanakan pada sejumlah titik di Kecamatan Lubuk Kilangan, Lubuk Begalung dan Bungus ia turut mengandeng Kepala Puskesmas Lubuk Kilangan untuk menerangkan kepada masyarakat bagaimana upaya mencegah COVID-19.

"Dengan demikian tidak ada lagi informasi yang simpang siur soal COVID-19, apalagi mereka yang menganggap COVID tidak ada, dengan menghadirkan langsung kepala puskesmas warga akan paham bagaimana upaya melakukan pencegahannya," kata dia.

Ia menilai informasi yang benar dan akurat membuat warga waspada namun tidak khawatir berlebihan dan juga tidak abai sehingga mengabaikan protokol kesehatan.

Selain itu di tengah pandemi ada sejumlah aspirasi masyarakat tetap harus ditindaklanjuti untuk diteruskan kepada pemangku kepentingan terkait.

Dalam pemaparannya Kepala Puskesmas Lubuk Kilangan Linda Hasmi menekankan agar masyarakat melaksanakan tiga hal untuk mencegah COVID-19 yaitu mencuci tangan, pakai masker dan jaga jarak serta jika ada yang pulang bepergian dari luar Sumbar untuk melapor ke petugas kesehatan dan kongsi COVID yang ada di kelurahan.

Linda melihat saat ini masyarakat banyak yang abai dengan protokol kesehatan seperti memakai masker padahal ancaman COVID-19 nyata.

Selain itu ia menerangkan virus akan mati oleh sabun oleh sebab itu warga diimbau untuk rajin mencuci tangan dengan sabun apalagi sebelum makan dan pulang bepergian dari luar.

Ia juga memaparkan Pemerintah Kota sudah membentuk Kongsi COVID-19 yang berbasis di RW untuk mengoptimalkan upaya pencegahannya. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Padang, Sumatera Barat, Pemerintahan
wwwwww