Home  /  Berita  /  Padang

80 Persen Pasien COVID-19 di Padang tanpa Gejala

80 Persen Pasien COVID-19 di Padang tanpa Gejala
Minggu, 06 September 2020 11:50 WIB
PADANG - Dinas Kesehatan Kota Padang mengungkapkan dari 384 kasus positif COVID-19 di daerah tersebut saat ini, sebanyak 300 orang atau hampir 80 persen berstatus tanpa gejala.

"Dalam dua pekan terakhir terjadi lonjakan kasus cukup banyak di Padang hari ini ada penambahan 30 kasus positif baru namun didominasi oleh orang tanpa gejala," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani Hamid di Padang, Sabtu malam.

Ia menyampaikan hal itu saat tampil sebagai pembicara pada diskusi daring dengan tema "Suara Gerbong Pamungkas: Kondisi COVID Hari Ini", digelar oleh Whatsap Grup Kawal COVID-19 Sumbar.

Saat ini, katanya, terdapat sekitar 384 kasus positif di Padang dengan 300 di antaranya tanpa gejala sehingga hanya melakukan isolasi mandiri di rumah kecuali ada yang menderita penyakit bawaan.

Dalam sebulan terakhir, yang menonjol adalah klaster perkantoran. Bahkan, pihaknya menemukan usai melakukan tes usap pegawai di salah satu bank di Padang bertemu 55 yang positif dari 600 sampel.

Selanjutnya, ASN yang pulang dari perjalanan dinas yang cukup banyak dan dalam dua pekan terakhir beralih ke tenaga kesehatan.

"Hari ini saja dari 30 kasus di Padang, 60 persen adalah tenaga kesehatan yang tertular sehingga banyak yang perlu dievaluasi dari layanan di rumah sakit atau perilaku dalam melaksanakan protokol kesehatan," kata dia.

Namun yang menggembirakan di Padang saat ini angka kesembuhan yang cukup tinggi dan rata-rata sebelum 14 hari pasien sudah dinyatakan sembuh.

Oleh sebab itu, walau Kota Padang ditetapkan secara nasional masuk zona merah, ia memastikan bisa mengendalikan pandemi karena tidak ada satu pun kasus yang luput dari pemantauan dan semua bisa ditelusuri.

"Ini terjadi karena 'tracing', 'testing', dan isolasi yang cukup baik walau secara angka tinggi tapi dapat sembuh dalam 14 hari," kata dia.

Ke depan, pihaknya akan lebih memperketat mekanisme tes usap agar tidak terjadi kesia-siaan karena keterbatasan biaya dan alat sehingga yang dites adalah mereka yang kontak erat dengan pasien positif sebelumnya.

Hingga Sabtu, terdapat total 1.360 warga Padang positif COVID-19 dengan rincian sembuh 937 orang, meninggal 39 orang, dan sisa kasus 384 orang. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Kesehatan, Sumatera Barat, Padang
wwwwww