Home  /  Berita  /  Padang

Puluhan Milenial Tanam Bibit Pohon di Pantai Air Manis Padang

Puluhan Milenial Tanam Bibit Pohon di Pantai Air Manis Padang
Seorang milenial tengah menanam bibit pohon di kawasan Pantai Air Manis Padang, Sumbar (Antara/Laila Syafarud)
Sabtu, 05 September 2020 14:54 WIB
PADANG - Puluhan generasi milenial dari kalangan mahasiswa maupun komunitas melakukan gerakan penghijauan menanam pohon di kawasan wisata Pantai Air Manis, Kota Padang, Sumatera Barat.

"Kegiatan penanaman pohon ini diikuti sekitar 50 orang dari berbagai organisasi, dan ada juga dari kalangan mahasiswa," kata Inisiator Kegiatan Milenial Peduli Lingkungan, Pati Hariyose, di Padang, Sabtu.

Ia menyebutkan bibit pohon yang ditanam saat ini sekitar 300 jenis yang berbeda, yaitu mahoni, bayur, tanaman buah seperti durian, petai, dan jengkol.

Yose berharap melalui kegiatan tersebut dapat menumbuhkan semangat generasi milenial saat ini agar lebih peduli dan mampu menumbuhkan rasa tanggung jawab moral dalam menjaga lingkungan ke depannya.

"Kegiatan ini juga menghadirkan Wali Kota Padang, Mahyeldi. Dengan tujuan agar Pemkot melalui Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, dan Pariwisata melakukan kebijakan strategis untuk penanganan lingkungan ke depannya," kata dia.

Yose yang juga sebagai Pengelola Konservasi Penyu Jambak Sea Turtle Camp, Pokmaswas Samudera, Padang itu berharap Pemkot Padang terus mendorong milenial agar lebih peduli lingkungan.

"Harapannya jangan kuat diselogan saja, tapi juga dibuktikan dengan tindakan. Saat ini kami ingin ada aksi nyata, menarik generasi muda lebih peduli dengan lingkungan hidup," kata dia.

Selain itu, ia mengatakan kegiatan tersebut juga mendapat dukungan dari Dinas Kehutanan Sumbar seperti mendapatkan bantuan pengadaan bibit pohon. Sehingga ia berharap ke depannya akan dilakukan secara terus menerus.

"Untuk ke depannya kita akan lakukan di daerah yang berbeda dan penanaman pohon yang berbeda. Sesuai kebutuhan daerah tersebut," kata dia.

Ia merencanakan kegiatan penanaman bibit pohon selanjutnya akan diadakan di daerah Lubuk Minturun dengan menanam tanaman buah-buahan yang produktif. Karena dia berharap ada keterlibatan masyarakat.

"Setidaknya dengan penanaman tanaman buah buahan, masyarakat juga dapat memetik hasil ke depannya" kata dia.

Selian itu, juga sebagai upaya menunjang program pemerintah untuk ketahanan pangan dengan menanam pohon yang berbuah musiman.

Lebih lanjut, ia mengatakan kegiatan tersebut sudah diadakan sejak enam tahun lalu. Namun semakin hari ia melihat rasa kepedulian semakin pudar. Maka dilakukan lagi kegiatan milenial peduli lingkungan.

Sementara itu, Wali Kota Padang Mahyeldi mengapresiasi kegiatan penanaman 300 bibit pohon yang diinisiasi oleh sejumlah milenial dengan tema milenial peduli lingkungan.

Ia berharap ke depannya akan lebih banyak lagi generasi milenial di Kota Padang yang peduli terhadap lingkungan. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Umum, Sumatera Barat, Padang
wwwwww