Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Boy Pohan Berebut Tiket Wasit/Juri Tinju Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
12 jam yang lalu
Boy Pohan Berebut Tiket Wasit/Juri Tinju Olimpiade 2024 Paris
2
Kejutan, Aditya Tahan Remis Unggulan Pertama Pertamina Indonesia Grand Master Tournament 2024
Olahraga
7 jam yang lalu
Kejutan, Aditya Tahan Remis Unggulan Pertama Pertamina Indonesia Grand Master Tournament 2024
3
Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024 Disambut Antusias di Medan
Olahraga
5 jam yang lalu
Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024 Disambut Antusias di Medan
4
Duel Fisik dan Membaca Permainan Itu Keunggulan Sergio Ramos
Sepakbola
5 jam yang lalu
Duel Fisik dan Membaca Permainan Itu Keunggulan Sergio Ramos
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  GoNews Group

Ditunjuk Jadi Delegasi ACC, RSO Jalankan Dua Misi di Swiss

Ditunjuk Jadi Delegasi ACC, RSO Jalankan Dua Misi di Swiss
Raja Sapta Oktohari (Foto: NOC Indonesia)
Sabtu, 05 September 2020 14:20 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Konfederasi Balap Sepeda Asia (ACC) menunjuk Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), Raja Sapta Oktohari sebagai delegasi ACC pada Kongres Federasi Balap Sepeda Internasional (UCI) yang akan digelar di Swiss, 25 September mendatang.  Penunjukan RSO panggilan akrab Raja Sapta Oktohari itu sebagai delegasi ACC itu disampaikan Sekjen ACC, Onkar Singh melalui surat resmi.

Ditemui pada acara penandatanganan nota kesepakatan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Auditorium Wisma Karsa Pemuda Jakarta, Jumat (4/9/2020), RSO yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden ACC mengatakan suatu kehormatan ditunjuk sebagai delegasi ACC pada Kongres UCI. Bahkan, dia menyebut ada dua misi yang akan dijalankannya saat berada di Swiss nanti.

"Saat berada di Swiss nanti ada dua misi yang akan saya jalankan. Pertama, sebagai delegasi ACC, saya akan mencoba melobi pesera Kongres UCI agar bebrapa kalender event balap sepeda internasional bisa digelar di Indonesia. Dan, saya juga akan meminta dukungan dari UCI tentang keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, " katanya. 

"Kebetulan Swiss juga sebagai markas IOC, saya akan menjalankan misi kedua yakni mencoba bertemu Presiden IOC, Thomas Bach untuk memaparkan tentang persiapan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," tambahnya. 

Misi RSO ini sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi yang mengharapkan agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan event-event internasional. "Presiden Jokowi meminta agar Indonesia banyak menggelar event-event internasional untuk menumbuhkan kepercayaan negara lain bahwa Indonesia bisa menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," kata Menpora, Zainudin Amali. 

Di bawah kepemimpinan RSO, PB ISSI terus menjalankan program pembinaan meski di tengah pandemi Covid 19. Rencananya, PB ISSI akan mengirimkan atlet balap sepeda Roadbike yang memiliki prestasi terbaik di ASEAN dan atlet muda potensial yang akan magang/trial di Cycling Pro Team. "Kita terus berkomunikasi dengan dua Cycling Pro Team untuk mengirimkan dua atlet Roadbike Indonesia," kata Raja Sapta Oktohari. 

Yang lebih menggembirakan, kata RSO, atlet roadbike putri  asal Jawa Barat, Ayustina Delia Priatna sudah menandatangani kontrak dengan Thailand Continental Team durasi setahun. 

Selain mengirimkan atlet terbaik, katanya lagi, PB ISSI juga mengirim pelatih terbaik untuk mengikuti kursus kepelatihan Internasional Diploma 3 di UCI Swiss. Tujuannya, untuk menambah pelatih yang mempunyai kualitas dengan ilmu kepelatihan modern dan sport science. 

Untuk meningkatkan kualitas atlet muda Indonesia di nomor roadrace, PB ISSI juga telah mendapatkan suppoort dari beberapa sponsor untuk membentuk Tim Continental. "Tim Continental ini akan  mewadahi dan menyiapkan atlet-atlet muda untukk bisa mencapai prestasi di level Internasional," tandasnya. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/