Home  /  Berita  /  Kesehatan

Peneliti Dapatkan Gambar Virus Corona Serang Sel Pernapasan Manusia, Begini Penampakannya

Peneliti Dapatkan Gambar Virus Corona Serang Sel Pernapasan Manusia, Begini Penampakannya
Penampakan sel saluran pernapasan yang terinfeksi virus corona. (The New England Journal of Medicin2/detikcom)
Jum'at, 04 September 2020 21:17 WIB

JAKARTA - Camille Ehra berhasil mendapatkan gambar virus corona menyerang dan melapisi sel di sepanjang saluran pernapasan manusia.

Camille Ehra yang merupakan asisten profesor di Marsico Lung Institute, Fakultas Kedokteran Universitas Carolina Utara itu mendapatkan gambar tersebut melalui mikroskop pemindai elektron.

Dikutip dari detikcom, dari gambar tersebut, diperoleh sedikit gambaran tentang jumlah partikel virus yang diproduksi selama infeksi berlangsung. Sel yang terinfeksi itu bisa menghasilkan hingga ribuan partikel virus corona.

Untuk mendapatkan gambar yang dipublikasi di The New England Journal of Medicine itu, para peneliti harus menginfeksi sampel sel saluran pernapasan manusia dengan SARS-CoV-2 terlebih dulu di piring laboratorium. Setelah empat hari, sel tersebut diperiksa dan dianalisis.

Pada gambar tersebut, terlihat silia atau struktur yang menyerupai rambut di permukaan beberapa sel saluran pernapasan. Ujung silia itu melekat pada untaian lendir seperti jaring yang ada di sepanjang jalan pernapasan.

Sementara itu, partikel virus SARS-CoV-2s dalam gambar tersebut terlihat seperti bola-bola kecil. Jika dilihat lebih dekat, struktur virus itu memiliki ujung-ujung yang runcing pada permukaan partikelnya.

Spike protein yang berbentuk mahkota itulah yang membuat virus tersebut disebut virus corona. Corona berarti mahkota dalam bahasa Latin. Virus menggunakan ujung runcing itu untuk menyerang sel pada manusia.

Gambar tersebut juga menunjukkan kepadatan yang tinggi partikel virus atau virion. Berdasarkan analisis yang dilakukan, Ehra menunjukkan bahwa virus diproduksi dalam jumlah yang besar dan dilepaskan di setiap sel yang ada di saluran pernapasan.*** 

Editor:hasan b
Sumber:detik.com
Kategori:Kesehatan
wwwwww