Home  /  Berita  /  Politik

Ke Istana Siak, LaNyalla Kepincut Keris Sultan dan Alat Musik 'Komet' yang Cuma Ada Dua di Dunia

Ke Istana Siak, LaNyalla Kepincut Keris Sultan dan Alat Musik Komet yang Cuma Ada Dua di Dunia
LaNyalla bercermin di cermin Kristal Awet Muda milik Tengku Agung permaisuri Sultan Syarif Kasim II. (GATRA)
Selasa, 01 September 2020 19:09 WIB
SIAK - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI LaNyalla Mahmud Mattalitti kagum pada peninggalan barang-barang mewah koleksi Sultan Siak. Itu adalah kunjungan perdananya ke Istana Asserayah Hasyimiah atau Istana Siak Sri Indrapura.

"Bagus-bagus dan tampak mewah semua barang-barang koleksi peninggalan Sultan Siak. Itu harus di jaga," kata LaNyalla kepada wartawan usai mengunjungi Istana Siak, Senin (31/8).

La Nyalla masuk Istana Siak usai melakukan kunjungan kerja ke PTPN V Lubuk Dalam. Ia datang bersama sejumlah anggota DPD RI seperti Fachrul Razi, senator dari Aceh dan lainnya. Kedatangan LaNyalla didampingi Bupati Siak Alfedri dan sejumlah pejabat Siak.

Mantan Ketua Umum PSSI ini juga sempat melihat dan mendengar lantunan musik klasik dari alat musik semacam gramofon yang dinamakan 'komet' yang ada di dalam istana.

Konon alat musik yang dibawa oleh Sultan Siak ke XI bernama Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil dari Jerman hanya ada dua di dunia, yakni berada di Jerman dan Siak.

Terus, LaNyalla juga sempat bercermin di cermin Kristal Awet Muda milik Tengku Agung permaisuri Sultan Syarif Kasim II. Cermin berukuran sedang ini bukan terbuat dari kaca, melainkan dari kristal yang konon dibikin di Turki.

"Kayak alat musik Komet tadi, sering-sering lah di putar biar tidak rusak. Sebab jenis alat musik itu hanya ada dua di dunia, satu sini dan satu lagi di Jerman," kata dia.

La Nyalla pun mengaku senang berkunjung dan masuk ke Istana yang dibangun pada tahun 1889 itu. Apalagi, mantan politisi Gerindra ini melihat koleksi keris peninggalan Sultan yang masih tersimpan rapi di lemari kaca dalam istana.

"Saya ini pengoleksi keris. Melihat beberapa keris sultan tadi, kepengen juga. Tapi apa daya tak bisa dibawa. Maunya tadi kan, oleh-oleh dari Siak, keris itu," canda LaNyalla disambut tawa Bupati Siak Alfedri.***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:Gatra.com
Kategori:Peristiwa, Pemerintahan, Politik
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/