Home  /  Berita  /  Peristiwa

Ustaz Hasan Bisri Wafat Saat Sujud di Masjid Hari Jumat, Begini Sosoknya Menurut Ketua PD Muhammadiyah

Ustaz Hasan Bisri Wafat Saat Sujud di Masjid Hari Jumat, Begini Sosoknya Menurut Ketua PD Muhammadiyah
Tangkapan layar ustaz Hasan Bisri Wafat saat sujud. (viva.co.id)
Sabtu, 29 Agustus 2020 05:31 WIB

JAKARTA - Seorang jamaah Masjid Al-Ashr Perumahan Gama Permai, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, wafat saat melaksanakan shalat sunnah menjelang shalat Jumat pada pertengahan Agustus lalu. Jamaah yang wafat saat sujud tersebut ternyata ustaz Hasan Bisri.

Dikutip dari Republika.co.id, saat memasuki masjid, ustaz Hasan Bisri tampak dalam keadaan sehat. Dia bersalaman dengan jamaah shalat Jumat lainnya yang berada dalam Masjid Al-Ashr.

Setelah mengambil sajadah, dia pun langsung mendirikan shalat sunnah. Saat melakukan sujud pertama, badannya pun mulai goyah. Ketika melakukan sujud kedua kalinya, badannya sudah tampak tidak bergerak lagi. Hasan Bisri meninggal dalam keadaan sujud di hari yang istimewa, hari Jumat.

Sekretaris Umum Pimpinan Muhammadiyah, Prof Abdul Mu'ti, mengatakan, ustaz Hasan Bisri meninggal dalam keadaan sujud pada pertengahan Agustus lalu. Namun, Prof Mu'ti mengaku tidak kenal dekat dengan almurhum. ''Beliau wafat 14 Agustus,'' ujar Prof Mu'ti saat dikonfirmasi Republika.co.id, Jumat (28/8).

Menurut Prof Mu'ti, yang kenal dekat dengan almarhum adalah Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekalongan, ustaz Pasrum Affandi. Saat dihubungi lebih lanjut, ustaz Pasrum pun menjelaskan tentang sosok ustaz Hasan Bisri.

Menurut dia, ustaz Hasan Bisri merupakan teman sejawatnya di Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pekalongan. ''Beliau sebagai Wakil Ketua PDM yang selalu bersama kami dalam dakwah, baik di Muhammadiyah maupun di lingkungan Kota Pekalongan dan sekitarnya,'' ucap Ustadz Pasrum kepada Republika.co.id.

Selain aktif di Muhammadiyah, menurut dia, ustaz Hasan Bisri juga sangat aktif di Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Pekalongan. Menurut ustaz Pasrum, almarhum selalu berdakwah dari masjid ke masjid.

''Ya sehari-hari bisa dikatakan untuk dakwah dari masjid ke masjid. Dan kemarin ketika beliau wafat juga saat sedang shalat sunnah tahiyyital masjid, saat sujud menjelang khutbah Jumat,'' terang ustaz Pasrum.

Detik-detik wafatnya ustaz Hasan Basri pun terekam melalui CCTV. Video itu tersebar di media sosial setelah diunggah oleh pemilik akun twitter @arwidodo. Dalam unggahannya, Agus Widodo pun memberikan keterangan.

''Masuk masjid dalam keadaan sehat dan bugar. Wafat ketika sujud sholat. Beliau adalah Ustadz Hasan Bisri. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pekalongan. Husnul Khatimah, Insya Allah. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa'fu anhu,'' tulis @arwidodo.***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:Peristiwa

wwwwww