Home  /  Berita  /  Politik

Dipecat Megawati, Akhyar Didukung AHY dan PKS Lawan Mantu Jokowi di Pilkada Medan

Dipecat Megawati, Akhyar Didukung AHY dan PKS Lawan Mantu Jokowi di Pilkada Medan
Akhyar Nasution saat aktif di PDI-P. (Istimewa)
Jum'at, 28 Agustus 2020 16:30 WIB
MEDAN - Partai Demokrat mengatakan pihaknya resmi mendukung bakal pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi. PD mengatakan pasangan ini juga didukung PKS.

"Ketua Umum telah memberikan rekomendasi dan B1 KWK untuk pasangan Akhyar dan Salman," kata Plt Ketua DPD Demokrat Sumatera Utara, Herri Zulkarnain, saat dimintai konfirmasi, Jumat (28/8/2020).

Akhyar saat ini menjabat sebagai Plt Wali Kota Medan. Sementara, Salman merupakan Wakil Ketua DPRD Sumut dari Fraksi PKS. Herri mengatakan dukungan terhadap duet Akhyar-Salman ini sudah lama diputuskan. Namun karena Akhyar terinfeksi Covid-19, maka Demokrat menunggu proses pemulihan Akhyar lebih dulu.

"Sudah final, sudah fix, karena selama ini sudah lama. Cuma beliau kan beberapa hari lalu terkena Covid-19. Akhirnya kita tunggu sampai sehat," ujarnya.

Dia mengatakan pernyataan dukungan terhadap bakal paslon Akhyar-Salman disampaikan oleh Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) lewat video call dengan Akhyar. Sementara, berkas rekomendasi diserahkan ke Akhyar lewat pengurus DPC karena Akhyar masih dalam masa pemulihan sehingga belum bisa ke Jakarta. "Kemarin Ketum memberikan lewat video call karena masa isolasi beliau masih 4 hari lagi baru selesai," ujarnya.

Herri mengatakan pihaknya siap menghadapi koalisi besar pendukung menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution yang berduet dengan kader Gerindra, Aulia Rachman di Pilkada Medan. Dia menyebut Demokrat mendukung Akhyar karena permintaan rakyat.

"Kita komitmen dari awal tidak berubah suapaya ada demokrasi di Medan yang lebih baik lagi. Sangat siap, karena Akhyar diminta oleh rakyat sehingga kita mendukung mereka," tuturnya.

Sebelumnya, AHY dan Akhyar terlihat berkomunikasi lewat video call. Dalam percakapan itu, AHY menyampaikan dukungan penuh Demokrat kepada Akhyar di Pilkada Medan.

"Integritas dan kedekatan dengan rakyat itu harapan dan perjuangan kita pak ya. Setelah ini saya akan serahkan rekomendasinya melalui Ketua DPD dan DPC kita untuk bapak bawa untuk kepentingan lainnya. Intinya, kita memberikan dukungan penuh, doa dan juga pastinya akan berkeringat bersama, berjuang bersama," ujar AHY seperti dilihat detikcom, Jumat (28/8).

"Siap ketua," jawab Akhyar.

Video call itu dilakukan sehari usai Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menyindir Akhyar yang disebutnya ngamuk gara-gara tak didukung maju di Pilkada Medan. Megawati pun mengatakan dirinya telah memecat Akhyar.

"Kongres partai memberikan hak prerogatif bukan mau-maunya saya, hak prerogatif pada saya. Mau dicabut nanti di kongres partai kalau tidak disetujui. Tidak direkom terus ngamuk. Lho saya mikir ini gimana katanya kader partai, ya sudah aturan partainya gimana ya sudah saya pecat. Saya pecat. Iya dong fair," sebut Megawati.***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:Detik.com
Kategori:Peristiwa, Pemerintahan, Politik

wwwwww