Home  /  Berita  /  Ekonomi

Bangkitkan Kembali Pariwisata Indonesia, AnjaniTrip Ajak 6 Influencer Sambangi Labuan Bajo

Bangkitkan Kembali Pariwisata Indonesia, AnjaniTrip Ajak 6 Influencer Sambangi Labuan Bajo
Kapal Luxury AnjaniTrip di Labuan Bajo. (Dok AnjaniTrip)
Senin, 24 Agustus 2020 11:41 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Pandemi Covid-19 bukan saja berdampak pada sektor pendidikan dan sektor ekonomi. Namun wabah ini juga memporak-porandakan sektor lainnya yakni pariwisata.

Tak terkecuali di Indonesia. Sejak Pandemi Covid-19, tidak sedikit pengusaha travel, kuliner dan perhotelan yang gulung tikar.

Melihat fenomena itu, Pemerintah berupaya kembali membangkitkan sektor pariwsata. Pemerintah pun kembali membuka secara bertahap sejumlah kawasan pariwisata.

Hal itu dilakukan sebagai upaya dimulainya aktivitas berbasis ekonomi dan konservasi di tengah pandemi Covid-19. Bahkan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menuturkan, pembukaan tempat pariwisata sejalan dengan keinginan masyarakat, diiringi dengan persiapan yang secara terukur oleh pemerintah.

Ads

Founder AnjanTrip, Rachmat Julio saat berada di Taman Nasional Pulau Komodo. (Dok AnjaniTrip)

Kementerian Pariwisata sendiri, sudah mempersiapkan upaya pemulihan pariwisata yang terdampak pandemi Covid-19. Salahsatunya dengan memberikan bantuan kepada daerah, khususnya pekerja pariwisata di daerah yang selama ini terdampak secara ekonomi.

Sejumlah perusahaan travel dan biro perjalanan di Indonesia menyambut baik langkah pemerintah itu. Anjani Trip misalnya, operator di bidang travel yang kembali melayani wisatawan dengan tujuan Raja Ampat, Overland Sumba, Derawan dan Labuan Bajo-NTT.

Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2015 itu, berupaya memenuhi kebutuhan liburan dimasa Pandemi dengan harga yang terjangkau dan tetap mengikuti prosedur protokol kesehatan.

Mereka, menyediakan paket seperti paket tour komodo, paket trip sumba (overland sumba), labuan bajo trip, paket derawan tour, paket tour raja ampat, baik perorangan ataupun group, wisatawan domestik dan Internasional.

Awkarin saat foto bareng Komodo. (Dok.Instagram).

Founder PT.Karya Anjani Nusantara/AnjaniTrip, Rachmat Julio mengatakan, AnjaniTrip menggandeng 6 influencer terkemuka di Indonesia untuk melakukan perjalanan wisata ke Labuan Bajo NTT.

Keenam influencer tersebut adalah Sabian Tama, anak dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. Selain Sabian Tama, ada juga youtuber Awkarin, Keanu, Eri Carl, Dara Arafah dan Sarah Gibson.

"Mereka adalah para Influencer yang saat ini mendukung kampanye gerakan #KembaliBerwisata dengan harapan agar industri pariwisata hidup kembali," kata Julio saat dihubungi, Senin (24/8/2020).

Momen liburan mereka di Labuan Bajo pun dibagikan ke akun media sosial pribadinya @awkarin. Banyak keseruan yang mereka unggah untuk menarik para wisatawan. Dari foto-foto keseruan mereka, menandakan, bahwa pesona Labuan Bajo sebagai destinasi wisata memang tak terbantahkan.

Seperti kebanyakan wisatawan yang berlibur ke Labuan Bajo, Awkarin dan teman-temanya itu juga memilih sailing tour di kapal pinisi milik AnjaniTrip.

Hal itu membuat seluruh waktu liburannya akan dihabiskan di atas kapal sambil mengunjungi objek-objek wisata yang terkenal yang dipandu langsung oleh tenaga profesional dari AnjanTrip sendiri.

Meskipun banyak menghabiskan waktu di atas kapal phinisi, bukan berarti kegiatan menjadi monoton. Banyak hal seru yang bisa dilakukan. Awkarin memilih untuk berfoto di ujung kapal. Pemandangan alam yang eksotis sebagai latar belakang menambah keindahan hasil foto mereka.

Dok. Tripadvistor

AnjaniTrip juga mengajak mereka ke sport andalan Labhuan Bajo yakni Pink Beach. Pantai ini merupakan objek wisata yang wajib dikunjungi saat ke Labuan Bajo.

Kemudian mereka juga berfoto dengan komodo. Hewan langka yang sudah dikenal seantero dunia. Komodo, atau juga disebut biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies biawak besar yang terdapat di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Jika dilihat dari seluruh rangkaian kegiatan liburan mereka, bahwa dunia pariwisata Indonesia sudah siap menerima wisatawan dari seluruh dunia. Mereka membuktikan bahwa sektor pariwisata Indonesia sudah kembali bangkit dari tekanan akibat pandemi Covid-19.

Mereka juga mendorong turis lokal untuk berkunjung di tempat-tempat wisata dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Kedatangan 6 Influencer ke Labuan Bajo guna mendukung pemerintah dalam menggelorakan semangat gerakan #KembaliBerwisata," ujar Julio.

Julio yang juga merupakan insiator gerakan #KembaliBerwisata itu juga memberi bukti kepada wisatawan yang masih takut dan belum percaya untuk melakukan perjalanan di tengah pandemi Covid-19.

Guna membangkitkan pariwisata di Indonesia, gerakan #KembaliBerwisata sejauh ini juga telah menggandeng lebih dari 150 pelaku pariwisata yang tersebar mulai dari Sumatera sampai Papua.

Gerakan ini juga bertujuan untuk membangkitkan semangat para wisatawan dengan cara menumbuhkan rasa aman dan percaya untuk berwisata lagi. Caranya tentu dengan mengikuti berbagai protokol kesehatan yang dianjurkan serta menerapkan sosial distancing baik di penginapan maupun di perjalanan. "Gerakan positif inilah yang saat ini sedang kami jalankan," pungkasnya.***

wwwwww