Home  /  Berita  /  Politik

Wapres Sebut Peringatan Hari Konstitusi 2020 Jadi Momentum Evaluasi Seluruh Elemen Bangsa

Wapres Sebut Peringatan Hari Konstitusi 2020 Jadi Momentum Evaluasi Seluruh Elemen Bangsa
Selasa, 18 Agustus 2020 15:23 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin mengungkapkan, peringatan Hari Konstitusi yang diselenggarakan setiap tahun itu menjadi kesempatan untuk mengevaluasi kegiatan seluruh elemen bangsa dalam menjalankan konstitusi.

"Peringatan ini merupakan momentum penting untuk melakukan evaluasi dan refleksi atas apa yang telah kita lakukan sebagai bangsa dan negara dalam menjalankan amanat konstitusi," kata Ma’ruf Amin melalui sambungan telekonferensi saat menghadiri acara peringatan Hari Konstitusi 2020 yang diselenggarakan MPR RI secara virtual dari Rumah Dinas Wapres di Jakarta, Selasa (18/8/2020).

Menurut Ma’ruf, evaluasi tersebut dapat dilakukan dengan membuka kembali catatan kegiatan yang telah dilakukan oleh seluruh penyelenggara negara, serta melaksanakan rencana program yang belum dikerjakan.

"Saya ingin mengajak kita, sebagai penyelenggara negara, secara bersama-sama melihat dimana posisi kita hari ini, membuka kembali catatan tentang apa saja yang telah kita lakukan sampai hari ini, dan apa saha yang masih perlu dituntaskan," ujarnya.

Ads

Khususnya di tengah masa pandemi, Ma’ruf mengatakan, Covid-19 telah mempengaruhi daya tahan dan kemampuan bangsa Indonesia dalam melaksanakan pembangunan, terutama di bidang kesejahteraan masyarakat, termasuk sektor kesehatan dan pendidikan.

"Wabah Covid-19 yang semula merupakan masalah kesehatan, kini telah menimbulkan disrupsi terhadap sendi-sendi kehidupan sosial, budaya, peribadatan dan kegiatan keagamaan, ekonomi masyarakat, serta tidak luput pula kondisi keuangan negara," katanya.

Untuk itu, Ma’ruf mengajak seluruh penyelenggara negara dan masyarakat untuk terus optimistis dalam melewati cobaan pandemi dan muncul sebagai bangsa yang teruji kualitasnya.

Sementara itu, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dalam sambutan Peringatan Hari Konstitusi Tahun 2020 yang diselenggarakan di Gedung MPR/DPR RI Senayan itu menyampaikan rasa syukur yang tak terhingga, sebab meski di tengah keprihatinan menghadapi bencana pandemi Covid-19, bangsa ini masih dapat melaksanakan agenda yang sangat penting dalam sejarah perjalanan bangsa dan negara yakni memperingati hari lahirnya konstitusi Indonesia, UUD NRI Tahun 1945.

"Tanggal 18 Agustus 1945, dimana konstitusi Indonesia lahir adalah saat secara yuridis konstitusional negara Indonesia dilahirkan. Pada tanggal itu pula lah cita negara merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur ditetapkan. Tanggal ini juga Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara ditetapkan dan pada tanggal ini juga tujuan negara Indonesia merdeka ditetapkan dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945," urainya.

Mengingat betapa berharganya konstitusi bagi bangsa Indonesia, Ketua MPR Bambang Soesatyo mengajak agar peringatan hari konstitusi harus menjadi momentum bersama bagi seluruh elemen masyarakat, bangsa dan negara untuk melakukan refleksi dan evaluasi terhadap sistem ketatanegaraan, konstitusi maupun pelaksanannya. Apakah telah mampu memandu secara konstitusional seluruh kehidupan bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-citanya.

Pimpinan Fraksi PAN MPR RI Ali Taher Parasong usai mengikuti acara peringatan Hari Konstitusi mengatakan bahwa konstitusi bagi rakyat Indonesia memang sangat penting dan memperingati Hari Konstitusi adalah salah satu cara menghargai dan menghormati konstitusi itu sendiri. Namun, Ali berharap jangan hanya sekedar memperingati dari sisi momentum tapi sudah mulai bergerak pada posisi substansi.

"Kita semua mesti memahami secara mendalam konstitusi. Sebab, konstitusi bukan hanya sekedar norma biasa, tetapi norma yang memiliki nilai implementasi seperti, bagaimana konstitusi mampu memberikan jaminan memenuhi hak warga negara Indonesia antara lain hak untuk dilindungi dan hak mendapat pengakuan," tandasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD, sejumlah pimpinan fraksi partai, serta diikuti secara virtual oleh beberapa anggota MPR RI.***

wwwwww